Surabaya Luncurkan Pembayaran Parkir Cashless di Tujuh Lokasi

Min.co.id ~ Surabaya ~ Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, melalui Dinas Perhubungan (Dishub), memperkenalkan inovasi baru dalam transaksi pembayaran parkir. Mulai sekarang, masyarakat dapat melakukan pembayaran secara non-tunai (cashless) dengan EDC dan Handheld di tujuh lokasi Parkir Tempat Khusus (PTK) di Kota Pahlawan.

Sosialisasi sekaligus peluncuran pembayaran cashless ini berlangsung di Parkir Basement Gedung Balai Pemuda Kota Surabaya pada Selasa (21/5/2024). Kepala UPTD Parkir Tepi Jalan Umum Dishub Surabaya, Jeane Mariane Taroreh, menjelaskan bahwa sistem pembayaran baru ini bekerja sama dengan berbagai perbankan dan pihak swasta. “Pembayaran bisa menggunakan e-money, flazz, kartu debit, dan QRIS, sehingga memudahkan pengguna jasa parkir,” ujarnya.

Saat ini, tujuh lokasi parkir khusus telah menerapkan transaksi cashless, yaitu:

  1. Park and Ride Mayjend Sungkono
  2. Parkir Aditywarman
  3. Balai Pemuda
  4. Park and Ride Genteng Kali
  5. Parkir Gedung Siola
  6. Parkir Hockey
  7. Parkir Wisata Tugu Pahlawan

Jeane menambahkan, transaksi pembayaran melalui EDC dapat dilakukan dengan berbagai kartu debit dan kredit, serta e-money dan Flazz. Sedangkan untuk Handheld, pembayaran bisa melalui e-Money dan QRIS. Meski demikian, opsi pembayaran tunai tetap tersedia bagi yang membutuhkannya.

Pengguna jasa parkir, seperti Anya dan Faruq, menyambut baik inovasi ini. Anya, yang kerap parkir di Balai Pemuda, merasa pembayaran cashless lebih praktis dan cepat. Faruq, pengguna jasa parkir roda dua, juga menganggap transaksi non-tunai lebih simple dan efisien. “Kalau saya anak muda, jadi lebih mudah. Biasanya juga pakai QRIS buat bayar, jadi lebih simple dan non-tunai lebih enak,” ujar Faruq.

Dengan pembayaran cashless, transaksi menjadi lebih transparan dan data yang masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya lebih jelas. Jeane berharap dalam tiga bulan ke depan, semua lokasi parkir khusus di Surabaya dapat menerapkan sistem pembayaran ini.

“Inovasi ini diharapkan dapat memudahkan pengguna jasa parkir dan meningkatkan efisiensi di lokasi parkir khusus,” tutup Jeane.

#Surabaya #InovasiParkir #Cashless #DishubSurabaya #TeknologiTerbaru

Komentar

News Feed