CARe-Hub: Transformasi Riset Kesehatan Indonesia Menuju Kolaborasi Global

Min.co.id ~ Jakarta ~ Riset kesehatan di Indonesia kini memasuki era baru yang dipicu oleh peluncuran platform inovatif oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Platform ini, dikenal sebagai Collaboration of Health Research Hub (CARe-Hub), siap merevolusi cara peneliti Indonesia berinteraksi dan bekerja sama dengan mitra global.

Sejak tahun 2000 hingga 2024, hanya 14,9% publikasi riset kesehatan di Indonesia melibatkan kolaborasi internasional. Menyadari kesenjangan ini, BRIN mengambil langkah proaktif dengan meluncurkan CARe-Hub, sebuah platform yang dirancang khusus untuk mendorong interaksi dan kolaborasi antara peneliti kesehatan Indonesia dan mitra internasional mereka. Inisiatif ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan tersebut, meningkatkan jejak global riset kesehatan Indonesia.

Membangun Jembatan Internasional

Dalam sebuah diskusi kelompok terarah tentang “Arah Kebijakan Riset Kesehatan Nasional” di Bogor, Jawa Barat, Ni Luh Putu Indi Dharmayanti, Kepala Organisasi Riset Kesehatan BRIN, menjelaskan tujuan strategis di balik CARe-Hub. Ia menekankan bahwa platform ini akan menghubungkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk kementerian, industri, rumah sakit, institusi akademik, LSM, dan mitra internasional. Jaringan komprehensif ini diharapkan dapat meningkatkan upaya kolaboratif, mendorong efisiensi, dan pada akhirnya berkontribusi pada pembangunan kesehatan yang berkelanjutan di Indonesia.

CARe-Hub mencakup lima kegiatan utama: kolaborasi riset, penyebaran informasi riset, berbagi data, dan berbagai kegiatan kolaboratif lainnya. Dengan menyediakan pusat terpadu untuk kegiatan-kegiatan ini, BRIN bertujuan untuk menyederhanakan proses riset dan memudahkan akses pemangku kepentingan terhadap informasi dan sumber daya penting.

Pada tahun 2023, Organisasi Riset Kesehatan BRIN menghasilkan 144 proyek riset berpengaruh. Keberhasilan ini menegaskan pentingnya kolaborasi dan dukungan dari berbagai sektor. Dengan platform CARe-Hub, BRIN berharap dapat semakin meningkatkan upaya kolaboratif ini, membuka jalan bagi lebih banyak penelitian inovatif di sektor kesehatan.

Platform ini memprioritaskan peningkatan kolaborasi riset dan akuisisi data dalam riset kesehatan, mencakup studi tentang genom mikroorganisme, spesimen manusia, vektor, dan lainnya, yang dapat dimanfaatkan lebih lanjut untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan CARe-Hub, masa depan riset kesehatan Indonesia tampak lebih cerah dan terhubung secara global, membawa harapan baru untuk solusi kesehatan yang lebih baik.

Ind.id
Editor : Achmad 

Komentar

News Feed