Ketua DPR RI Puan Maharani Serukan Gotong Royong di Hari Raya Iduladha 1445 H

Min.co.id ~ Jakarta ~ Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat merayakan Iduladha 1445 Hijriah kepada seluruh masyarakat Indonesia. Puan mengajak masyarakat untuk memaknai Hari Raya Iduladha dengan semangat gotong royong dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

“Selamat Iduladha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam. Lewat semangat Iduladha, mari kita tingkatkan gotong royong dan kepedulian untuk membantu sesama, terutama bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujar Puan, Senin (17/6/2025).

Sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI, Puan menilai Iduladha sebagai momen untuk memperkuat solidaritas dan persaudaraan antar-umat beragama. Menurutnya, solidaritas sangat dibutuhkan di tengah berbagai tantangan yang dihadapi bangsa.

“Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT atas rasa syukur dan untuk meningkatkan iman dan takwa, memberi kurban di hari raya Iduladha dapat menjadi simbol keikhlasan dalam berbagi untuk sesama,” katanya.

Puan menekankan pentingnya ibadah kurban sebagai wujud toleransi dan kepedulian sosial. Hewan kurban yang disumbangkan oleh umat Muslim ditujukan untuk membantu saudara-saudara yang kurang beruntung secara ekonomi, serta untuk berbagi nikmat dan kebahagiaan dengan lingkungan sekitar.

“Hari Raya Iduladha juga menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk memperteguh nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap sesama, serta merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan,” tutur cucu Bung Karno tersebut.

Iduladha juga menandai selesainya rangkaian Ibadah Haji di Tanah Suci. Puan berharap seluruh jamaah Haji Indonesia dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan kembali ke Tanah Air dengan selamat serta menjadi Haji Mabrur.

“Semoga seluruh rangkaian Ibadah Haji para jamaah Indonesia berjalan lancar dan jamaah dapat kembali pulang ke Tanah Air dengan selamat, serta menjadi Haji Mabrur,” ucapnya.

Menyoroti pelaksanaan Ibadah Haji 2024, Puan menyampaikan apresiasi terhadap laporan tim pengawas (Timwas) Haji DPR yang menyebutkan bahwa tahun ini relatif tidak ada insiden signifikan. Namun, ia juga menegaskan perlunya peningkatan kualitas pelayanan haji.

“Meskipun pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini lebih kondusif dibanding tahun lalu, kualitas pelayanan bagi jamaah harus terus ditingkatkan,” tegas mantan Menko PMK itu.

Menurut Puan, Timwas Haji DPR masih menemukan banyak kebijakan yang perlu diperbaiki, termasuk manajemen kuota haji, petugas haji, dan anggaran haji. Oleh karena itu, DPR berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengevaluasi penyelenggaraan Ibadah Haji 2024.

“DPR RI akan mendengar laporan resmi dari Timwas Haji. Dan tentunya kami DPR akan mendukung langkah-langkah yang harus dilakukan sepanjang untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi pelaksanaan ibadah haji,” tutup Puan.

Dengan seruan ini, Puan Maharani mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan Iduladha sebagai momen refleksi dan aksi nyata dalam membangun bangsa yang lebih solid dan peduli terhadap sesama.

Ip.id
Editor : Achmad

Komentar

News Feed