Bupati Nina Agustina Kukuhkan 167 Kuwu: Dorong Pembangunan Desa yang Lebih Inovatif

Min.co.id ~ Indramayu ~ Dalam sebuah acara yang penuh harapan dan antusiasme, Bupati Indramayu Nina Agustina kembali mengukuhkan 167 Kuwu di Kabupaten Indramayu untuk masa jabatan tambahan selama dua tahun. Pengukuhan ini dilaksanakan di Pendopo Indramayu, dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD, Camat, istri Kuwu, dan keluarga mereka yang turut menyaksikan momen penting tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Nina Agustina menegaskan bahwa perpanjangan masa jabatan ini adalah amanah dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Nina menekankan bahwa para Kuwu harus memaksimalkan dedikasi mereka untuk mengayomi, melayani, dan membina masyarakat, demi mewujudkan pembangunan desa yang lebih baik dan kesejahteraan masyarakat yang lebih tinggi.

“Para Kuwu yang telah dikukuhkan hari ini harus melaksanakan kerja nyata dan berkontribusi positif dalam membangun desanya,” ujar Nina dengan penuh semangat.

Bupati Nina juga mengingatkan pentingnya penggunaan Dana Desa dengan amanah dan transparan. Ia menggarisbawahi bahwa tidak boleh ada lagi penyimpangan dalam penggunaan dana tersebut. Para Kuwu diharapkan menjaga integritas dan perilaku mereka dalam menjalankan tugas.

“Inovasi adalah kunci,” lanjut Nina. “Para Kuwu harus terus berinovasi untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dan mempercepat pencapaian target zero stunting di desa mereka.”

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Jajang Sudrajat, melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, A. Sulaeman, menjelaskan bahwa sebenarnya pengukuhan ini direncanakan untuk 170 Kuwu. Namun, karena tiga Kuwu sedang dalam proses pemberian sanksi, hanya 167 Kuwu yang dikukuhkan hari ini. Ketiga Kuwu tersebut berasal dari Ujunggebang, Sukagumiwang, dan Anjatan Utara.

“Kami berharap mereka yang dikukuhkan dapat segera menjalankan tugas dengan baik dan meningkatkan kualitas pelayanan di desa masing-masing,” kata Sulaeman.

Sementara itu, Kuwu Cikawung Kecamatan Terisi, Sept Rahayu, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pengukuhan dan perpanjangan masa jabatan ini. Ia berjanji untuk terus meningkatkan kinerja dan inovasi di desanya demi kesejahteraan masyarakat.

Dengan pengukuhan ini, diharapkan para Kuwu dapat membawa perubahan positif dan menjadikan desa-desa di Indramayu sebagai contoh keberhasilan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.(red)

Editor : Achmad 

Komentar

News Feed