oleh

Bandara Kertajati Soft Opening Bulan Mei 2018

-Tak Berkategori-151 views

Min.co.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan progres pembangunan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat sudah mencapai 92 persen. Menhub berharap bandara itu sudah bisa melayani pemudik pada Lebaran tahun ini.

“Bandara kertajati progres pengerjaanya sudah 92 persen, kita akan selesai bulan depan, kita akan soft opening minggu ketiga bulan Mei,” kata Budi di Desa Tenjoayu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, 7 April 2018.

Budi mengatakan pihaknya mengusulkan agar acara peresmian bandara dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Ia menargetkan peresmian bandara itu sudah dilakukan sebelum musim mudik tiba.

“Karena kita akan pakai Bandara Kertajati untuk mudik. Mudiknya orang Jawa Barat termasuk yang dari luar seperti dari Medan, Bali, Surabaya, Balikpapan ke Jawa Barat,” ujar Budi.

Budi turut mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam proses pembangunan Bandara Kertajati. Ia menyebut proyek Bandara Kertajati merupakan salah satu contoh kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pihak swasta.

“Saya sangat mengapresiasi proyek ini sebagai bagian dari kerja sama antara pusat, pemda, dan swasta. Pemda Jawa Barat menurut saya bisa diberikan apresiasi karena selain memberikan dana, juga memberi dukungan moril maupun materi sehingga proyek ini terjadi. Peran pemda itu baik sekali, luar biasa,” ujar mantan Dirut PT Angkasa Pura II tersebut.

Budi mengatakan hingga kini nama resmi untuk Bandara Kertajati belum ditetapkan. Penamaan akan diusulkan oleh DPRD Provinsi, dan akan diputuskan oleh Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.(mtvn)

Komentar