Cabang Dinas Pendidikan Prov. Jatim Sosialisasikan PPDB Tahun 2024

Min.co.id ~ Kediri ~ Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Wilayah Kediri menggelar Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 bertempat di kantor Cabdindik Provinsi Jatim Wilayah Kediri, Jl Jaksa Agung No.2, Mojoroto, Kota Kediri, Selasa (4/6/2024).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kediri (Kacabdindik) Adi Prayitno mengatakan pentingnya sosialisasi tentang PPDB tahun 2024 ini agar memahamj mekanisme yang sudah di tentukan dan mengikuti alur regulasi yang benar.

“Tujuan utama adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai aturan dan prosedur PPDB, sehingga proses penerimaan siswa baru dapat berjalan dengan lancar dan transparan,” ujarnya.

Lebih jelas Adi Prayitno menjelaskan bahwa jalur prestasi ditujukan bagi siswa dengan pencapaian akademik dan non-akademik yang unggul, sementara jalur afirmasi memberikan kesempatan bagi siswa dari keluarga kurang mampu dan anak berkebutuhan khusus.

Sedang jalur pindah tugas diperuntukkan bagi siswa yang orang tuanya pindah tugas kerja, dan jalur zonasi menjadi pilihan untuk mendekatkan siswa dengan sekolah di sekitar tempat tinggal mereka.

Selain itu, Adi Prayitno menekankan pentingnya memanfaatkan website resmi PPDB Jawa Timur, ppdbjatim.net, sebagai sumber informasi utama.

“Sekolah tidak harus di sekolah favorit yang penting anak-anak bisa sekolah, karena semua kurikulum sama dan merata. Di perlukan peran orang tua murid untuk memberikan pemaparan dan informasi bahasanya sekolah itu sama dan hasilnya juga sama tergantung anak-anak itu bisa bersaing secara positif untuk menjadi lebih baik,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Anang Kurniawan menyampaikan bahwa tahap pertama PPDB di Kota Kediri akan fokus pada karakteristik jalur yang mengkhususkan bagi masyarakat Kota Kediri.

“Zonasi tetap menjadi prioritas untuk memastikan akses pendidikan yang merata,” ujar Anang pada tempat yang sama.

Lebih lanjut, Anang Kurniawan menjelaskan mengenai PPDB untuk jenjang SMK melalui jalur afirmasi dan pindah orang tua. Ia berharap dengan adanya jalur-jalur ini, akses pendidikan yang berkualitas dapat dirasakan oleh semua kalangan.

Sementara itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri melalui Sekretaris Dinas Kabupaten Kediri Afril Dedy Setiawan, berjanji akan menambah jumlah sekolah dan meningkatkan kualitas pendidikan semua sekolah.

“Supaya siswa di Kabupaten Kediri, tidak perlu jauh-jauh sekolah ke Kota Kediri,” ungkapnya. (Chandra Nurcahyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *