Klarifikasi dan Kolaborasi : Langkah Nyata Menuju Indramayu Bermartabat

Min.co.id ~ Indamayu ~ Dalam upaya mendukung visi “Indramayu Bermartabat,” Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu menunjukkan komitmen nyata dengan menyelesaikan aduan masyarakat terkait proyek pengecoran jalan di Blok Jangga Tua. Kegiatan klarifikasi tersebut berlangsung pada Senin, 10 Juni 2024, dengan melibatkan berbagai pihak terkait.

Camat Losarang, Boy Billy Prima, S.STP, bersama dengan Sekmat H Warno,Suyanto (Kuwu Jumbleng), Jaeni (mantan PJ Kuwu Jumbleng), Jukri (pemangku adat), Warudin (pemilik lahan), Irianato Muh. Akhmad, SH (BPD Desa Jumbleng), binwil Losarang, koramil Losarang 1106, serta tokoh masyarakat setempat, menghadiri pertemuan tersebut untuk menindaklanjuti aduan masyarakat terkait pekerjaan pengecoran jalan yang digunakan untuk akses ke area kebuyutan yang sebelumnya mengalami sengketa batas lahan.

Dalam sambutannya, Camat Losarang Boy Billy Prima menyatakan, “Kami menindaklanjuti aduan masyarakat terkait pengecoran jalan yang sebenarnya merupakan akses utama ke area kebuyutan. Setelah mengecek RKPDes dan APBDes, kami pastikan bahwa proyek ini sudah dianggarkan dan disetujui sesuai peraturan Desa Jumbleng Nomor 16 Tahun 2023 dan Nomor 9 Tahun 2023. Kami juga telah melakukan verifikasi lapangan untuk memastikan batas tanah yang sesuai.”

Boy Billy Prima juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mengumpulkan data besar dari Desa Jangga dan telah disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Dengan demikian, penyelesaian batas tanah ini disaksikan oleh pemilik lahan, BPD Desa Jumbleng, dan pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Jukri selaku pemangku adat menambahkan, “Kami telah berdiskusi dengan masyarakat untuk memastikan kesepakatan bersama terkait tanah wakaf yang berada di tengah-tengah proyek. Kami juga berterima kasih kepada Pak Warudin yang telah memberikan jalan akses.”Ujarnya.

Warudin, pemilik lahan, menyatakan persetujuannya setelah pengukuran ulang, “Alhamdulillah hasil dari pengukuran kembali saya menyetujui.”

Camat Losarang menutup pertemuan dengan menegaskan komitmen pemerintah kecamatan, “Pemerintah kecamatan siap untuk mewujudkan Indramayu BERMARTABAT (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat).”

Melalui kerjasama dan dialog yang konstruktif, Kecamatan Losarang tidak hanya menyelesaikan sengketa dengan baik, tetapi juga menunjukkan dedikasi dalam membangun daerah yang bermartabat dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.(edi/red)

Editor : Achmad

Komentar

News Feed