Bawaslu RI Berkomitmen Awasi Rekapitulasi Pemilu 2024: Siapkan Strategi Terbaik

Min.co.id ~ Jakarta ~ Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Lolly Suhenty, menegaskan komitmen pihaknya dalam mengawasi proses rekapitulasi Pemilu 2024 yang kini tengah berlangsung di tingkat kecamatan. Melalui keterangan tertulis, Lolly menjelaskan bahwa Bawaslu memiliki tanggung jawab dalam mengawasi semua tahapan Pemilu, termasuk rekapitulasi.

Lolly menyatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi terbaik untuk melakukan pengawasan yang efektif. Selain melakukan pengawasan langsung, Bawaslu juga aktif dalam mengumpulkan data dan mendokumentasikan setiap tahapan, sehingga memiliki basis data yang akurat untuk menangani perselisihan yang mungkin terjadi terkait hasil Pemilu.

Pemilu 2024 melibatkan pemilihan presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, dengan jumlah pemilih nasional mencapai 204.807.222 orang. Terdapat 18 partai politik nasional dan enam partai politik lokal yang ikut serta dalam pemilu ini, serta tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022. Dengan komitmen Bawaslu, diharapkan proses pemilu dapat berjalan transparan dan demokratis.(ip.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *