Bupati Nina Agustina Kunjungi Bayi Kembar Lima di RSUD Indramayu: Bantuan dan Perlindungan Kesehatan dari Pemkab

Min.co.id ~ Indramayu ~ Bupati Indramayu, Nina Agustina, mengunjungi bayi kembar lima dari pasangan Warsila dan Nur’aeni, warga Desa Bodas, Kecamatan Tukdana, di RSUD Indramayu. Kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan ibu dan bayi yang baru lahir.

Bupati Nina Agustina menegaskan bahwa semua biaya persalinan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui APBD dengan program BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran). “Alhamdulillah, bisa menengok langsung dan kondisinya sehat, hanya berat badan mereka kurang sehingga membutuhkan pengawasan medis. Ini anugrah dari Allah dan lahir di Indramayu,” ujar Nina Agustina.

Dalam kunjungannya, Bupati Nina Agustina juga memberikan bingkisan sebagai tanda kasih sayang kepada ibu dan bayi-bayinya. Selain melihat kondisi kelima bayi, Bupati juga meninjau kondisi Nur’aeni yang dirawat di ruangan terpisah.

Direktur RSUD Kabupaten Indramayu, dr. Deden Bonni Koswara, menjelaskan bahwa pada pemeriksaan awal, hanya terdeteksi tiga janin, namun jumlahnya terus berkembang hingga proses melahirkan. “Pada saat pemeriksaan awal di usia kehamilan 16 minggu, terdeteksi ada 3 janin. Kemudian berkembang hingga minggu ke 28 terdeteksi ada 4 janin. Namun, bayi kelima tidak terdeteksi karena posisi yang menumpuk,” jelas Deden.

Kelahiran lima bayi tersebut terjadi pada Minggu (7/7/2024) sekitar pukul 19.45 WIB melalui operasi caesar. Saat ini, kelima bayi dengan berat badan di bawah rata-rata ditempatkan di dalam inkubator di Gedung Gincu 2 RSUD Indramayu untuk perawatan intensif. “Bobotnya memang bervariasi dan di bawah rata-rata. Masih kecil-kecil jadi dirawat intensif, namun kondisinya secara umum baik dan sehat,” tambah Deden.

Deden juga menyampaikan bahwa biaya persalinan ini sepenuhnya ditanggung oleh BPJS PBI APBD Indramayu, sesuai kebijakan Bupati Nina Agustina. Ia mengimbau para ibu hamil di Kabupaten Indramayu untuk rutin memeriksakan kehamilan agar setiap masalah dapat diatasi sedini mungkin.

Kehadiran Bupati Nina Agustina dan perhatian yang diberikan mencerminkan komitmen Pemkab Indramayu dalam memastikan kesejahteraan dan kesehatan warganya, terutama dalam situasi yang membutuhkan penanganan cepat dan tepat.(*)

Editor : Achmad 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *