Talud Makam di Sobokerto: Sinergi TNI dan Warga Demi Ketahanan Lingkungan

Min.co.id ~ Boyolali ~ Babinsa Koramil 11/Ngemplak Kodim 0724/Boyolali, Sertu Barlian, menunjukkan dedikasi dan kepedulian terhadap lingkungan dengan melaksanakan karya bakti pembuatan talud makam di Dukuh Getan, Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak. Pada Senin (8/7/2024), Sertu Barlian bersama warga setempat bahu-membahu menyelesaikan talud sepanjang 80 meter dengan tinggi 2,5 meter sebagai penahan tanah untuk mencegah longsor.

Menurut Sertu Barlian, pengerjaan talud ini bukan hanya upaya fisik untuk melindungi makam dari ancaman longsor, tetapi juga sebagai simbol kuatnya kemanunggalan TNI dengan rakyat. “Pelaksanaan karya bakti bersama masyarakat ini merupakan salah satu wujud nyata dan peran aktif Babinsa, sebagai aparat kewilayahan di daerah binaan, sehingga komunikasi yang sudah terjalin dengan baik antara TNI dan warga ini akan semakin solid, kuat, dan kemanunggalan TNI – rakyat tetap terjaga,” ungkapnya.

Selain menjaga keamanan lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong di tengah masyarakat. “Kegiatan ini saya lakukan untuk menumbuhkan kembali budaya gotong royong warga yang lama kelamaan sudah mulai pudar,” tambah Sertu Barlian.

Kolaborasi antara TNI dan masyarakat dalam proyek ini tidak hanya memperkuat ketahanan fisik lingkungan tetapi juga mempererat hubungan sosial antara warga dan aparat, menciptakan keharmonisan yang semakin kokoh.

Agus Kemplu

Editor : Achmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *