Kapolres Tuban: Jaga Netralitas Demi Pilkada 2024 yang Damai

Min.co.id ~ Tuban ~ Dalam upaya memastikan kelancaran Pilkada serentak tahun 2024, Kapolres Tuban, AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T., mengingatkan seluruh anggota Polri akan pentingnya netralitas. Pernyataan tersebut disampaikan saat sosialisasi peraturan pemilihan yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Tuban pada Senin (30/09/2024).

Dalam sambutannya, AKBP Oskar menjelaskan bahwa keberhasilan penyelenggaraan Pilkada dapat diukur dari tiga indikator: kepatuhan pada aturan, partisipasi masyarakat, dan minimnya konflik. Menurutnya, menjaga netralitas ASN, TNI, dan Polri adalah langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut.

“Netralitas adalah pondasi untuk menghindari isu-isu yang dapat memecah belah. Mari kita jaga komitmen ini agar Pilkada di Kabupaten Tuban berlangsung aman dan tanpa keraguan,” tegasnya.

Kapolres menekankan bahwa pimpinan Polri telah memberikan instruksi tegas untuk menjaga netralitas. “Tidak ada toleransi bagi anggota Polri yang terlibat dalam politik praktis,” ungkapnya. Ia juga berharap kegiatan preventif yang telah dilaksanakan, seperti deklarasi damai, dapat membantu menciptakan suasana Pilkada yang kondusif.

Selain itu, Kapolres Tuban menegaskan kesiapan Polres dalam memberikan pengamanan kepada penyelenggara Pilkada, baik dari Bawaslu maupun KPU. “Kami siap memberikan dukungan keamanan, jika dibutuhkan,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Sanika Satyawada Polres Tuban ini juga dihadiri oleh Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Dicky Purwanto, S.Sos., M.I.P., serta Kepala Kejaksaan Negeri Tuban dan berbagai tokoh lainnya.

Dengan penekanan pada netralitas, diharapkan masyarakat Kabupaten Tuban dapat memberikan suara mereka dengan percaya diri, sehingga Pilkada 2024 dapat berlangsung sukses dan damai.(*)

Editor : Achmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *