Tujuh Tahun Terabaikan, Losarang Siap Bersihkan Sungai dari Enceng Gondok

Min.co.id ~ Indramayu ~ Setelah tujuh tahun terabaikan, enceng gondok yang memenuhi sungai di Desa Santing, Kecamatan Losarang, akhirnya akan dibersihkan. Kegiatan ini dipantau langsung oleh AKP Hendro Ruhanda, SH, bersama Dandim 0616 Indramayu, Letkol Inf. Yanuar Setyaga, S.IP., dan Camat Losarang, Boy Billy Prima, S.STP., pada Senin (8/7/2024).

Revitalisasi ini merupakan upaya kolaboratif antara Forkompimcam, Forkompimda, dan EP Pertamina. Setelah bertahun-tahun tidak tersentuh, sinergi antara berbagai pihak ini membawa harapan baru bagi warga setempat.

“Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat respon positif dari tokoh masyarakat hingga Kuwu yang sangat berterima kasih atas rencana normalisasi enceng gondok,” ujar AKP Hendro Ruhanda. Rencananya, pembersihan akan dilaksanakan hari Selasa, melibatkan masyarakat, perangkat desa, dan tim dari EP Pertamina.

Warga Desa Santing sangat mengapresiasi inisiatif ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Nina Agustina dan para stakeholder yang telah membantu menormalisasi saluran yang selama tujuh tahun tidak tersentuh. Akhirnya, sungai ini bisa mengalir kembali dan tidak membanjiri rumah kami,” kata Tarya, seorang warga setempat.

Dengan pembersihan ini, diharapkan kondisi lingkungan Desa Santing akan semakin baik, mengurangi risiko banjir, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.(edi/red)

Editor : Achmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *