Jakarta Fair Kemayoran 2024: Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Min.co.id ~ Jakarta ~ Jakarta Fair Kemayoran, atau Pekan Raya Jakarta 2024, kembali digelar dengan semarak, menandai sebuah perayaan akbar yang tidak hanya menghibur tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Event tahunan ini resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di JExpo Kemayoran Jakarta Pusat.

“Jakarta Fair ini adalah sebuah event yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jakarta, Jabodetabek, dan Indonesia. Di sini, masyarakat bisa mendapatkan hiburan dan juga belanja dengan harga yang terjangkau. Inilah yang menarik dari Jakarta Fair,” ujar Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat pembukaan.

Dengan tagline “Pilkada Tanpa Konflik, Demokrasi Makin Asik,” Jakarta Fair 2024 tidak hanya menyuguhkan hiburan tetapi juga berbagai kegiatan edukatif dan mendukung perekonomian masyarakat. Melalui pameran yang diikuti oleh ribuan pelaku usaha lokal dan nasional, event ini menjadi ajang penting bagi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Presiden mengungkapkan bahwa Jakarta Fair bukan hanya sekadar acara hiburan, tetapi juga menjadi motor penggerak ekonomi yang signifikan. Tahun lalu, event ini menarik lebih dari enam juta pengunjung, menciptakan transaksi ekonomi mencapai Rp7.3 triliun.

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, juga turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden atas dukungan penuh terhadap Jakarta Fair Kemayoran. Ia menegaskan bahwa event ini menjadi bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta yang ke-497, yang bertujuan mendongkrak ekonomi dan memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

“Mengucapkan terima kasih kepada Pak Presiden yang telah mendukung acara Jakarta Fair Kemayoran 2024 sebagai rangkaian kegiatan HUT Kota Jakarta Ke-497. Penyelenggaraan Jakarta Fair telah menghasilkan transaksi ekonomi sebesar Rp7.3 triliun dan total pengunjung sebanyak enam juta orang pada tahun lalu,” kata Heru.

Direktur PT Jakarta Internasional Expo dan Ketua Panitia Jakarta Fair Kemayoran 2024, Karuna Murdaya, menyampaikan bahwa event ini akan berlangsung dari 12 Juni hingga 14 Juli 2024 di JExpo Kemayoran. Mengusung tema “Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional di Indonesia,” Jakarta Fair berkomitmen untuk menjadi ajang promosi perdagangan dan industri kreatif yang spektakuler.

“PT Jakarta Internasional Expo kembali menyelenggarakan Jakarta Fair Kemayoran 2024 dengan semangat menciptakan ajang pameran yang spektakuler untuk promosi perdagangan dan industri kreatif. Berbagai produk unggulan dari pasar dalam dan luar negeri serta arena hiburan bagi rakyat Jakarta dan Indonesia akan memeriahkan event ini,” ujar Karuna.

Pembukaan resmi acara ini ditandai dengan pemukulan alat musik kenong oleh Presiden Joko Widodo, didampingi oleh Sekretaris Kabinet, Menteri Koperasi dan UKM, Pj Gubernur DKI Jakarta, serta Ketua Panitia Jakarta Fair. Turut hadir dalam acara tersebut para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri, Duta Besar negara sahabat, dan tamu undangan lainnya.

Jakarta Fair Kemayoran 2024 diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, serta mendorong industrialisasi dan inovasi di Indonesia. Dengan rangkaian acara yang penuh semangat dan inspiratif, event ini menjadi bukti nyata komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan. (ip.id)

 

Editor : Achmad

Komentar

News Feed