Masakan Khas Gorontalo: Binte Biluhuta, Simbol Persatuan dan Kenikmatan

Min.co.id ~ Gorontalo ~ Masakan khas Provinsi Gorontalo, Binte Biluhuta, tak hanya menawarkan kenikmatan kuliner yang menggoda lidah, tetapi juga menyimpan sejarah persatuan antar-kerajaan di masa lalu. Dengan cita rasa yang khas dan kandungan gizi yang melimpah, Binte Biluhuta menjadi primadona kuliner di Bumi Serambi Madinah.

Lagu populer “Binde Biluhuta” yang dinyanyikan oleh Eddy Silitonga pada era 1980-an, memberikan gambaran tentang kelezatan dan keunikan Binte Biluhuta. Kalimat dalam lagu tersebut seperti mengajak kita untuk merasakan sensasi kuliner asli Gorontalo ini.

Etimologi dari Binte Biluhuta, yang berarti ‘jagung yang disiram’, menggambarkan kuliner ini sebagai sup jagung yang kaya akan kandungan protein, serat, karbohidrat, serta vitamin dan mineral penting. Jagung pulut, varietas jagung asli Gorontalo, memberikan tekstur kenyal dan rasa gurih yang tak tertandingi.

Menurut penuturan sejarawan kuliner, Mansoer Pateda, Binte Biluhuta memiliki makna filosofis yang dalam. Pada abad ke-15, beberapa kerajaan di Sulawesi sering berseteru, dan untuk mendamaikannya, mereka menggunakan diplomasi kuliner. Binte Biluhuta menjadi simbol persatuan, di mana pipilan jagung yang sebelumnya tercerai-berai, kemudian dipersatukan dalam hidangan yang penuh kenikmatan.

Kehadiran berbagai bumbu dalam proses pembuatan kuah Binte Biluhuta menciptakan perpaduan rasa yang memukau. Ada rasa pedas, asam, dan manis yang bersatu harmonis dalam satu sajian. Dari rempah-rempah hingga jeruk nipis, semua bahan memberikan karakteristik khas pada masakan ini.

Meskipun telah berusia berabad-abad, tradisi pembuatan dan penyajian Binte Biluhuta tetap terjaga dengan baik. Proses pembuatannya yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapatkan membuatnya tetap populer di kalangan masyarakat Gorontalo.

Pada tahun 2016, Binte Biluhuta diakui sebagai warisan budaya tak benda nasional oleh pemerintah Indonesia. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya masakan ini dalam identitas dan keberagaman budaya Indonesia.

Melalui cita rasa yang lezat dan sejarahnya yang kaya, Binte Biluhuta tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga mengingatkan kita akan pentingnya perdamaian dan persatuan dalam menjaga keharmonisan masyarakat.

Bagi siapa pun yang mengunjungi Gorontalo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Binte Biluhuta. Dalam satu mangkuk, Anda akan menemukan kenikmatan yang tak terlupakan dan sensasi persatuan yang menghangatkan hati. Dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemukan, Binte Biluhuta siap menyambut Anda di setiap sudut Gorontalo.(*)

Ind.id

Editor : Achmad

Komentar

News Feed