Polda Jabar Siap Amankan Pilkada Serentak 2024, Jaga Keamanan dan Persatuan di Tengah Demokrasi

Min.co.id ~ Bandung ~ Menjelang Pilkada Serentak 2024, Polda Jawa Barat memastikan kesiapan penuh untuk mengamankan pelaksanaan pesta demokrasi yang akan berlangsung di seluruh wilayah provinsi tersebut. Dengan tema “Beda Pilihan Tetap Bersaudara”, Polri mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kedamaian dan persatuan, meskipun pilihan politik berbeda. Jawa Barat, sebagai salah satu provinsi dengan jumlah pemilih terbesar di Indonesia, menjadi fokus utama dalam menjaga ketertiban selama proses demokrasi ini.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Jules Abraham Abast, S.I.K., menekankan pentingnya persaudaraan dan kesatuan bangsa di tengah dinamika politik yang semakin meningkat. “Perbedaan pilihan dalam Pilkada adalah hal yang wajar dalam demokrasi, namun jangan sampai perbedaan itu memecah kita sebagai satu bangsa dan negara,” ujarnya, Rabu (23/10/2024).

Polda Jabar telah mengampanyekan pentingnya kerukunan di masyarakat serta meningkatkan upaya preventif dalam mencegah potensi konflik. Sebagai langkah konkret, ribuan personel kepolisian telah dipersiapkan untuk disebar ke seluruh daerah di Jawa Barat, terutama di wilayah yang dianggap rawan konflik. Kolaborasi dengan TNI, Satpol PP, KPU, dan Bawaslu juga dilakukan untuk memastikan semua tahapan Pilkada berjalan lancar tanpa gangguan.

“Kami telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait agar setiap tahap Pilkada, dari kampanye hingga pemilihan, berlangsung tanpa kecurangan atau pelanggaran hukum. Pengamanan fisik dan kesiapsiagaan personel sudah kami siapkan dengan baik,” tambah Jules.

Selain itu, Polda Jabar juga fokus pada keamanan siber, dengan memperketat patroli untuk memantau dan mencegah penyebaran hoaks, ujaran kebencian, serta isu provokatif yang dapat memicu perpecahan. Langkah tegas akan diambil terhadap pelaku penyebar informasi palsu yang berpotensi mengganggu ketertiban.

Jules Abraham juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum jelas kebenarannya dan segera melaporkan jika menemukan pelanggaran selama Pilkada. “Kami meminta warga untuk tetap tenang, menjaga kebersamaan, dan berpartisipasi dalam menjaga kondusivitas daerah masing-masing,” tegasnya.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, Polda Jawa Barat optimis Pilkada Serentak 2024 di provinsi ini akan berlangsung aman, damai, dan sukses, mencerminkan semangat demokrasi yang dewasa serta semangat persatuan bangsa.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *