In Memoriam: H. Kamsul Hasan, Tokoh Pers Nasional yang Berdedikasi, Berpulang ke Rahmatullah

Min.co.id ~ Jakarta ~ Kabar duka menyelimuti dunia pers nasional dengan berpulangnya H. Kamsul Hasan, tokoh pers yang dikenal karena dedikasinya terhadap kehidupan pers di Indonesia. Berita meninggalnya beliau tersebar di Grup WhatsApp, mengguncang komunitas jurnalis dan masyarakat yang mengenalnya.

“Innalillahi wainailahi rojiun, ada kabar saudara, Abang dan senior kita H. Kamsul Hasan meninggal dunia,” bunyi pesan yang beredar pada Selasa pagi.(9/7/2024).

H. Kamsul Hasan adalah seorang tokoh yang sangat berpengaruh di dunia jurnalistik nasional. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya dan aktif sebagai tenaga ahli di Dewan Pers. Almarhum dikenal karena kepeduliannya yang mendalam terhadap perkembangan pers nasional dan hak-hak wartawan.

Almarhum menyelesaikan pendidikan di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, serta meraih gelar Sarjana Hukum dan Magister Hukum di STIH Iblam Jakarta. Jabatan terakhir beliau di PWI adalah Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan serta Ketua Umum Lembaga Konsultan Bantuan dan Penegakan Hukum (LKBPH) PWI Pusat, sebuah lembaga yang didirikan berdasarkan amanat Kongres Bandung.

Jenazah H. Kamsul Hasan disemayamkan di rumah duka di Tebet Barat, Jakarta. Rencananya, almarhum akan dimakamkan di TPU Menteng Pulo pada Rabu pukul 10.00 WIB.

Kepulangan H. Kamsul Hasan meninggalkan duka mendalam bagi dunia pers Indonesia. Kepergiannya mengingatkan kita pada pentingnya peran jurnalis dalam menjaga kemerdekaan pers dan hak asasi manusia. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan serta ketabahan.(*)

Editor : Achmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *