Forkopimcam Sindang lakukan Rapat,untuk mencegah terjadinya bencana Kebakaran di TPA Pecuk

Min.co.id.-Indramayu-Kegiatan Rapat Koorkom antisipasi Bencana Alam Kebakaran tingkat Kecamatan Sindang yang bertempat di TPA Pecuk Desa Dermayu kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu,Senin 28/8/2023.

Kegiatan tersebut dihadiri Suyitno S,stp MM Camat Sindang,AKP.Saefullah SH.MAP Kapolsek Sindang beserta anggotanya,Danramil 1602 Sindang Kapten Effendi yang di wakili Serda M.Saefrudin,Endi wahyadi SIP M.Si Kepala UPTD TPA Pecuk,BAMBANG WIBOWO, SiP Kasubang TU TPA Pecuk,dan Pamong Desa Dermayu.

Suyitno S,Stp MM Camat Sindang mengatakan bahwa TPA Pecuk memiliki luas 10,5 Ha yang berada di Desa Dermayu,Desa Terusan dan Desa Kenanga,dampak penomena El-Nino yang paling terasa adalah kekeringan yang dapat memicu terjadinya bencana alam seperti kebakaran.

“Oleh karena itu perlu diadakan Rakor tingkat Kecamatan Sindang untuk mengantisipasi dampak El Nino yaitu kebakaran di TPA Pecuk maupun wilayah kecamatan Sindang,”Kata Suyitno.

Sementara AKP Saefullah SH.MAP Kapolsek Sindang menyampaikan dengan adanya Kegiatan ini dilaksanakan untuk penyamaan persepsi mengantisipasi terjadinya Bencana alam kebakaran dampak El Nino.

“Kami akan melakukan Patroli di TPA Pecuk baik siang atau malam hari dan memberikan himbauan kepada para pemulung agar tidak membawa rokok dan korek ke lokasi sampah,”Tegasnya.

Masih di tempat yang sama Endi wahyadi Kepala UPTD TPA Pecuk menjelaskan bahwa Setiap harinya TPA Pecuk menerima kiriman sampah wilayah Kabupaten Indramayu sebanyak 200 ton dan waktu kerja (oprasional) dari jam 07.00 wib s/d 18.00 wib.

“TPA Pecuk terbagi menjadi 4 zona, yaitu Zona 1 kondisi aman karena sampah sudah kering dan akan ditutup menggunakan tanah merah,Zona 2 kondisi aman karena sudah ditutup menggunakan tanah merah,Zona 3 kondisi aman karena sudah ditutup menggunakan tanah merah,Zona 4 masih oprasional,walaupun setatus aman namun berpotensi terjadinya kebakaran,”Jelasnya.

Masih dikatakan Endi wahyadi ,antisipasi yang dilakukan pihak TPA Pecuk,yaitu Malakukan koordinasi dengan tim Pemadam kebakaran Kabupaten Indramayu dan akan menyiagakan kendaraan pemadam kebakaran di TPA.

“Memasang bener himbauan dilarang merokok terutama di zona 4,Menyiagakan Satpam 4 orang di TPA Pecuk,Sudah memasang pipa untuk dimasukan kedalam tumpukan sampah yang ujungnya mengarah keatas gunanya untuk mengeluarkan Gas dari dalam tumpukan sampah ke udara dan mencegah terjadinya ledakan Gas yang dihasilkan sampah,”Pungkasnya.(Maskani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *