BPBD Purwakarta Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana di Desa Cibukamanah

Min.co.id ~ Purwakarta ~Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terkait mitigasi bencana alam. Pada Rabu (23/10/2024), BPBD menggelar sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) di Desa Cibukamanah, Kecamatan Cibatu, salah satu wilayah yang masuk dalam zona rawan bencana tanah longsor.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di aula Desa Cibukamanah ini dihadiri oleh kepala desa, perangkat desa, serta 50 warga perwakilan dari setiap RT di desa tersebut. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Purwakarta, Muhammad Arif Abdurrahman, mengatakan bahwa sosialisasi ini penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, khususnya tanah longsor.

“Desa Cibukamanah merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana, terutama tanah longsor. Saat ini ada empat titik longsor yang sudah dilaporkan dan kami tindak lanjuti. Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, warga lebih siap dalam mengantisipasi dampak bencana,” jelas Arif.

Selain memberikan edukasi terkait langkah-langkah mitigasi, BPBD juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menyebarkan informasi terkait kesiapsiagaan bencana. Arif berharap para peserta sosialisasi dapat menjadi agen perubahan di lingkungannya masing-masing.

“Kami berharap peserta dapat menyebarkan informasi yang mereka terima kepada warga lainnya, sehingga seluruh masyarakat di Desa Cibukamanah semakin paham bagaimana cara mengatasi dan mengantisipasi bencana,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya BPBD Purwakarta dalam meminimalisir risiko bencana dan memperkuat kesiapsiagaan warga, terutama di daerah-daerah yang rentan terhadap bencana alam seperti Cibukamanah.

(Ag/Jo)

Editor : Achmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *