Pentingnya Peran Digital Marketing bagi UMKM di Masa Pandemi

Min.co.id-Peran Digital Marketing sangat penting dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi COVID-19. Digital marketing merubah budaya masyarakat Indonesia yang tadinya dilakukan secara tradisional dan konvensional menjadi modern dan lebih canggih karena menggunakan teknologi informasi.

“Kita melihat bahwa UMKM merupakan satu sektor yang yang sangat signifikan terdampak pandemi COVID-19, begitu juga sektor informal, untuk itu butuh terobosan baru untuk mengembangkan dan memajukan UMKM di Indonesia agar tidak berguguran dengan cara melakukan digital marketing,” kata Anggota Komisi I Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Fadli Zon, dalam acara diskusi secara virtual di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya, akibat dampak kebijakan pemerintah dalam mencegah penularan COVID-19 dengan diberlakukannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Digital Marketing adalah salah satu terobosan baru untuk membuat UMKM tetap berjalan, sehingga UMKM yang tadinya berusaha dengan cara tradisonal sekarang sudah menggunakan tehnologi digital.

“Kita memerlukan sebuah terobosan-terobosan dan langkah-langkah agar kita tidak mati atau tetap di situ, ya jadi harus jalan terus life on,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pandemi COVID-19 semakin menurun, meski sebelumnya mengalami lonjakan tertinggi bahkan menjadi ranking pertama di dunia yakni 56.000 kasus positif dalam sehari pada Juli dan Agustus 2021 lalu, tetapi sekarang kasusnya sudah pada angka yang relatif kecil dan tentu berharap bahwa perpanjangan PPKM ini segera berlalu.

“Salah satu cara pencegahannya saya kira kita juga sudah tahu yaitu perlu vaksinasi kemudian juga kita perlu menjaga jarak, tetap memakai masker, lalu kegiatan-kegiatan lain mencuci tangan dan sebagainya sebagai upaya mengurangi pandemi ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, di balik keterbatasan PPKM itu selalu ada jalan keluar, yaitu dengan memanfaatkan Digital marketing dan juga digital skill yang ada di daerah-daerah UMKM,  salah satunya adalah dengan digital equipments atau digital gaged dan sebagainya kalau kita lihat Banyak masyarakat yang kemudian beralih agar bagaimana berusaha tetap bertahan.

“UMKM dengan menggunakan digital marketing sebelumnya butuh proses kecakapan digital yaitu ke literasi digital dan penggunaannya juga dipaksa untuk lebih cepat lagi karena semuanya serba online yang termasuk webinar ini kan juga salah satu bagian dari akselerasi percepatan penggunaan media media digital untuk menghindari kontak kontak fisik yang bisa menciptakan klaster baru,” tutupnya.

sumber:infopublik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *