JAKARTA | Di saat arus manusia meningkat tajam pada libur panjang Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, KAI Logistik memastikan satu hal tetap bergerak tanpa henti: arus logistik nasional. Anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) ini menegaskan kesiapan penuh layanan logistik guna menjaga kelancaran distribusi barang di tengah meningkatnya mobilitas masyarakat.
Menghadapi periode strategis Nataru, KAI Logistik memperkuat koordinasi internal, menyiapkan sumber daya manusia, serta menerapkan pola operasi yang adaptif. Tak hanya itu, perusahaan juga mengantisipasi lonjakan permintaan dengan peningkatan kapasitas angkut agar distribusi tetap lancar dan tepat waktu.
VP of Corporate Secretary KAI Logistik, Dwi Wulandari, menegaskan bahwa kesiapan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga keandalan layanan logistik di momen krusial akhir tahun.
“Kami berkomitmen memastikan layanan logistik tetap andal, aman, dan tepat waktu selama periode Nataru. Peningkatan kapasitas, kesiapan operasional, serta penawaran menarik kami siapkan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan,” ujar Dwi, Rabu (18/12/2025).
Dari sisi operasional, KAI Logistik menyiapkan tambahan kapasitas angkut hingga 20 ton per hari, masing-masing 10 ton untuk jalur KA Utara dan 10 ton untuk jalur KA Tengah. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi meningkatnya volume pengiriman selama Natal dan Tahun Baru.
Tak berhenti di situ, demi memastikan kebutuhan pelanggan tetap terpenuhi, service point KALOG Express tetap beroperasi pada hari Minggu dan tanggal merah, dengan penyesuaian jam layanan.
Dwi menambahkan, selama periode Nataru 2025/2026, KAI Logistik memproyeksikan kenaikan volume pengiriman sekitar 18 persen dibandingkan hari operasional normal. Lonjakan tersebut didominasi komoditas paket dan sepeda motor, dengan kota tujuan favorit seperti Jakarta dan Surabaya.
Di tengah meningkatnya mobilitas, KALOG Express menjadi tumpuan masyarakat untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pengiriman sepeda motor guna menunjang mobilitas di kota tujuan, pengiriman hewan peliharaan, hingga distribusi paket, makanan, dan frozen food. Layanan ini juga berperan penting dalam menjaga kelancaran aktivitas UMKM, agar roda ekonomi tetap berputar selama libur panjang.
Untuk menambah nilai bagi pelanggan, KAI Logistik turut menghadirkan program promo tarif pengiriman hingga 50 persen untuk lintas Selatan, dengan syarat dan ketentuan berlaku hingga 31 Desember 2025. Program ini diharapkan mampu mendorong pemerataan distribusi logistik ke berbagai wilayah.
Selain itu, KAI Logistik juga mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi KAI Logistik TRAX sebagai solusi digital, memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan, pemantauan pengiriman secara real-time, hingga transaksi digital di tengah kesibukan libur akhir tahun.
“Melalui kesiapan layanan, inovasi digital, dan penguatan kapasitas, KAI Logistik berkomitmen mendukung kebutuhan logistik masyarakat secara berkelanjutan, khususnya di masa strategis Natal dan Tahun Baru,” tutup Dwi.
Dengan langkah antisipatif tersebut, KAI Logistik menegaskan perannya sebagai bagian penting ekosistem logistik nasional, memastikan distribusi tetap lancar, mobilitas masyarakat terjaga, dan perayaan Nataru berjalan tanpa hambatan logistik. (*)










Komentar