JAKARTA | Pertamina Patra Niaga resmi menggerakkan langkah baru untuk meningkatkan mutu pelayanan di seluruh SPBU dengan meluncurkan Tim Serv-Q (Service & Quality). Inisiatif ini menjadi terobosan penting bagi perusahaan energi nasional untuk memastikan setiap pengunjung SPBU, dari Sabang hingga Merauke, merasakan standar layanan yang sama: bersih, ramah, akurat, dan terpercaya.
Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, menjelaskan bahwa Serv-Q dibentuk untuk memperkuat standar operasional Pertamina Way SPBU yang selama ini menjadi pedoman layanan di SPBU. Melalui inspeksi rutin dan terstruktur, Serv-Q bertugas memastikan tiga hal utama terpenuhi: kualitas, kuantitas, dan kenyamanan.
“Serv-Q akan aktif melakukan inspeksi dan memastikan kualitas, kuantitas, serta standar layanan dari mulai toilet, musala, hingga kebersihan area SPBU berjalan dengan baik,” ujar Mars Ega dalam peluncuran yang digelar di Jakarta, Jumat (17/10/2025).
Tak hanya memeriksa tampilan fisik, tim ini juga dibekali peralatan pengujian lengkap—mulai dari cek densitas BBM, suhu, warna produk, hingga uji takaran nozzle yang dilakukan langsung di lapangan. Hasil uji harian pun akan selalu ditampilkan di area SPBU sebagai bentuk transparansi kepada konsumen.
Menurut Mars Ega, hadirnya Serv-Q juga merupakan jawaban atas kepedulian masyarakat terhadap kualitas layanan BUMN energi tersebut. “Masukan, kritik, dan saran dari publik adalah alarm bagi kami untuk terus introspeksi dan berbenah,” ujarnya.
Selain mengawasi kualitas BBM, Mobil Serv-Q juga memastikan fasilitas pendukung seperti toilet dan musala tetap bersih dan nyaman. Pertamina menegaskan bahwa kenyamanan pelanggan merupakan bagian tak terpisahkan dari pelayanan energi nasional.
Mars Ega menutup pernyataannya dengan ajakan kepada masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam memberikan masukan. “Kami harapkan masyarakat dapat terus menjadi bagian dari upaya kami dalam meningkatkan standar layanan SPBU sehingga Pertamina Patra Niaga semakin dipercaya dan dicintai.” (*)
