Kereta Panoramic Hadir Lagi: Menyusuri Rel dengan Jendela Langit dan Panorama Nusantara

Jakarta – Sensasi berwisata sambil bepergian kini kembali bisa dinikmati. PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), resmi mengoperasikan kembali Kereta Panoramic mulai 1 September 2025.

Dengan desain jendela superlebar dari sisi hingga ke atap, kereta ini menghadirkan pengalaman berbeda: penumpang dapat menikmati pemandangan persawahan hijau, pegunungan, hingga hamparan langit biru tanpa terhalang sekat.

“Dengan hadirnya kembali Kereta Panoramic, kami ingin memberikan pengalaman perjalanan yang lebih berkesan bagi penumpang, khususnya dalam menikmati keindahan panorama alam Indonesia sepanjang jalur kereta api,” ujar Eko Januardi, Direktur Operasi KAI Wisata.

Kereta Panoramic sejak awal memang memikat hati masyarakat. Konsep “jendela langit” yang memanjakan mata membuat perjalanan kereta tak lagi sebatas transportasi, tetapi juga wisata.

Setelah dilakukan perawatan dan peningkatan kualitas layanan, sarana ikonik ini kembali hadir, siap menyambut penumpang yang merindukan pengalaman tak biasa di atas rel.

Mulai September 2025, Kereta Panoramic akan terintegrasi dengan beberapa layanan kereta utama, yakni KA Parahyangan Priority, Pangandaran Priority, Papandayan Priority, Argo Wilis, dan Turangga.

Beberapa jadwal andalan antara lain, Bandung – Gambir pukul 05.00 WIB (Parahyangan Panoramic), Gambir – Banjar pukul 08.30 WIB (Pangandaran Panoramic), Gambir – Garut pukul 06.35 WIB (Papandayan Panoramic), Bandung – Surabaya pukul 07.35 WIB (Argo Wilis Panoramic), Bandung – Surabaya pukul 17.40 WIB (Turangga Panoramic).

Dengan relasi yang beragam, penumpang bisa menikmati panorama yang berbeda di setiap jalur: dari lembah dan gunung Jawa Barat hingga jalur panjang menuju Surabaya.

Bagi sebagian orang, naik kereta adalah rutinitas. Namun dengan Kereta Panoramic, perjalanan berubah menjadi cerita. Langit senja yang merona, hijaunya hamparan sawah, hingga deretan bukit yang tersapu kabut pagi menjadi teman sepanjang rel.

“Kami optimis, kehadiran kembali Kereta Panoramic akan semakin menarik minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api, baik untuk tujuan wisata maupun perjalanan rutin,” tambah Eko.

Masyarakat dapat memperoleh informasi lengkap mengenai layanan Kereta Panoramic melalui situs resmi kaiwisata.id atau akun media sosial KAI Wisata (Instagram/Facebook: @kawisata, TikTok/Youtube/Twitter: @kaiwisata). Informasi lebih lanjut bisa diperoleh melalui chat bisnis di +62 811-1220-7227 atau email info@kawisata.id.

Dengan kehadiran kembali Kereta Panoramic, setiap perjalanan kereta api kini bukan hanya tentang tujuan, melainkan juga tentang bagaimana menikmati keindahan Nusantara sepanjang jalan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *