Min.co.id ~ Jakarta ~ Di tengah tingginya aktivitas pengiriman selama Ramadan dan arus mudik Idulfitri 1446 H, KALOG Express, bagian dari PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), sukses berperan penting dalam mendukung kelancaran distribusi barang. Sepanjang periode Ramadan hingga 28 Maret 2025, KAI Logistik telah menangani lebih dari 4.700 ton barang melalui layanan KALOG Express.
Menurut Dwi Wulandari, VP of Corporate Secretary KAI Logistik, layanan KALOG Express mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah pengiriman selama puncak arus mudik. Beberapa barang yang paling banyak dikirim mencakup: 214 ribu paket barang , 10.879 hewan peliharaan, 7.656 sepeda motor, Ribuan pengiriman barang elektronik, tanaman, dan lainnya.
“Tren pengiriman selama Idulfitri tidak hanya terkait dengan mobilisasi kebutuhan pribadi masyarakat ke kampung halaman, tetapi juga mendukung sektor UMKM yang semakin aktif menjelang Lebaran. Hadirnya layanan KALOG Express menjadi bagian dari ekosistem pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Dwi.
Salah satu tren menarik dalam periode ini adalah peningkatan pengiriman sepeda motor dan hewan peliharaan. Hal ini menunjukkan bahwa banyak masyarakat yang ingin tetap bersama peliharaan mereka saat mudik, serta memilih mengirimkan sepeda motor agar lebih fleksibel dalam beraktivitas di kampung halaman.
Setelah sukses melayani arus mudik, KALOG Express kembali beroperasi mulai 4 April 2025 untuk tujuan tertentu, dan akan beroperasi penuh pada 7 April 2025. Mengantisipasi tingginya permintaan, KAI Logistik telah menyiapkan strategi operasional untuk mengakomodasi kebutuhan pengiriman selama arus balik, yang diperkirakan akan berlangsung hingga 12 April 2025.
Sebagai bentuk apresiasi bagi pelanggan, KAI Logistik juga menghadirkan promo menarik, seperti : Diskon hingga 25% untuk pengiriman sepeda motor ke semua tujuan hingga 6 April 2025 , Diskon hingga 40% untuk pengiriman paket dan hewan peliharaan di lintas selatan hingga 30 April 2025.
Sebagai penyedia layanan distribusi logistik berbasis kereta api, KAI Logistik terus berinovasi dengan konsep “End-to-End Services” untuk menjamin pelayanan terbaik bagi pelanggan. Melalui tiga segmen utama—KALOG Express, KALOG Plus, dan KALOG Pro—perusahaan ini menghadirkan solusi logistik terpadu yang mengutamakan efisiensi dan jangkauan luas.
Dengan mengusung tagline “KAI Logistik Ispossible”, layanan ini memastikan bahwa distribusi barang semakin mudah, cepat, dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat mengakses www.kalogistics.co.id.(*)
Editor : Achmad
Komentar