Min.co.id ~ Cirebon ~ Lebaran 2025 telah memasuki fase arus balik, dan Stasiun Cirebon mulai dipadati ribuan penumpang yang kembali ke perantauan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon mencatat bahwa selama 13 hari masa angkutan Lebaran (21 Maret – 2 April 2025), mereka telah melayani 193.101 penumpang. Dari jumlah tersebut, 71.602 penumpang berangkat, sementara 121.499 penumpang tiba di berbagai stasiun wilayah Daop 3 Cirebon.
Menurut Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, tingginya angka ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama dalam perjalanan mudik dan arus balik.
Selama periode angkutan Lebaran, lima stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi di wilayah Daop 3 Cirebon adalah: Stasiun Cirebon – 28.605 penumpang, Stasiun Cirebon Prujakan – 13.742 penumpang, Stasiun Jatibarang – 8.752 penumpang, Stasiun Brebes – 6.882 penumpang, Stasiun Haurgeulis – 4.819 penumpang.
Angka ini menunjukkan bahwa Stasiun Cirebon masih menjadi pusat mobilitas terbesar bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan arus balik.
Pantauan KAI Daop 3 Cirebon per 2 April 2025 pukul 14.00 WIB, menunjukkan bahwa tiket KA jarak jauh sudah terjual sebanyak 119.599 tiket, atau 78% dari total kapasitas 153.296 tiket.
Beberapa kereta yang masih beroperasi dalam arus balik Lebaran dari Daop 3 Cirebon, antara lain: KA Gunung Jati (Semarang Tawang – Cirebon – Gambir PP), KA Cakrabuana (Purwokerto – Cirebon – Gambir PP), KA Ranggajati (Cirebon – Jember PP),KA Kaligung (Cirebon Prujakan – Semarang Poncol & Brebes – Semarang Poncol).
Muhibbuddin juga menghimbau kepada calon penumpang untuk datang lebih awal ke stasiun guna mengantisipasi kepadatan di jalan raya selama arus balik.
Agar perjalanan lebih nyaman, KAI memberlakukan batasan barang bawaan (bagasi) yang diperbolehkan masuk ke dalam kereta,Berat maksimal: 20 kg,Volume maksimal: 100 dm³,Dimensi maksimal: 70 cm x 48 cm x 30 cm.
Bagi penumpang dengan barang melebihi batas tersebut, KAI menyediakan layanan bagasi tambahan dengan tarif tertentu.
Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait jadwal perjalanan atau layanan KAI selama masa angkutan Lebaran, dapat menghubungi Contact Center KAI melalui: Telepon: 121, WhatsApp: 08111-2111-121, Email: cs@kai.id, Media sosial: @KAI121.
Dengan meningkatnya volume penumpang, kereta api tetap menjadi pilihan utama perjalanan arus balik. Jadi, pastikan perjalanan Anda nyaman dan aman dengan persiapan yang matang.(*)
Editor : Achmad










Komentar