KAI Daop 3 Cirebon Siapkan Infrastruktur Prima untuk Libur Nataru 2024/2025

Min.co.id ~ Cirebon ~  Menyambut liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon memastikan kesiapan infrastruktur kereta api guna menghadirkan perjalanan yang aman dan nyaman.

Vice President Daop 3 Cirebon, Mohamad Arie Fathurrochman, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai langkah strategis, termasuk menyiapkan sembilan Daerah Pemantauan Khusus (Dapsus) di wilayah yang rawan banjir dan tanah labil. “Prasarana adalah kunci kelancaran perjalanan kereta api, khususnya saat volume penumpang meningkat selama Nataru,” ujarnya, Selasa (26/11/2024).

Kesiapan Teknis dan Mitigasi Cuaca

Memasuki musim penghujan, KAI melakukan normalisasi saluran air di lokasi rawan genangan, memperkuat tanah menggunakan retaining wall dan bronjong, serta menempatkan Alat Material untuk Siaga (AMUS) di 17 titik strategis. Lokasi seperti Stasiun Cirebon, Brebes, Jatibarang, dan Haurgeulis dilengkapi material darurat seperti bantalan rel, karung pasir, hingga penambat beton untuk penanganan cepat jika terjadi gangguan.

Selain itu, KAI menambah personel ekstra, termasuk petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) dan pengawas khusus, untuk meningkatkan pemantauan selama periode sibuk ini.

Pengalaman Perjalanan yang Ditingkatkan

“Periode Nataru adalah momen di mana seluruh insan KAI bekerja lebih keras untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penumpang. Kami berkomitmen memberikan perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” tutur Arie.

Langkah antisipatif ini diharapkan dapat menjaga jadwal perjalanan tetap tepat waktu, meskipun cuaca ekstrem menjadi tantangan. Dengan persiapan matang, KAI Daop 3 Cirebon memastikan bahwa liburan Nataru kali ini menjadi pengalaman yang aman bagi seluruh pengguna jasa kereta api.

Pusat Kenyamanan Perjalanan

Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan layanan informasi dan pengaduan KAI selama periode Nataru jika menghadapi kendala. “Kolaborasi ini adalah bentuk pelayanan KAI yang tidak hanya fokus pada transportasi, tetapi juga pada kepuasan pelanggan,” tutupnya.(*)

Editor : Achmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *