Min.co.id ~ Jakarta ~ PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat dengan berpartisipasi dalam Financial Expo (FinExpo) 2024 yang berlangsung di E Walk Mall Pentacity, Balikpapan, pada awal Oktober lalu.
FinExpo 2024 adalah bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024, yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai layanan keuangan serta mempercepat peningkatan jumlah rekening dan penggunaan produk serta layanan jasa keuangan.
Dalam siaran pers yang diterima pada Sabtu (12/10/2024), Direktur Human Capital & Compliance BNI, Mucharom, menegaskan bahwa partisipasi BNI di FinExpo 2024 merupakan bentuk dukungan terhadap strategi OJK dalam memperluas akses masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan.
“Akses keuangan merupakan hak semua orang dan berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan. BNI hadir untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat, mulai dari kepemilikan rekening hingga produk pembiayaan, asuransi, investasi, dan program pensiun,” ujar Mucharom.
Mendorong Transaksi Digital
Selain memperkenalkan layanan keuangan konvensional, BNI juga mendorong masyarakat untuk lebih aktif melakukan transaksi digital melalui platform QRIS dan wondr by BNI. Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang layanan digital ini, BNI berharap semakin banyak nasabah yang beralih ke produk digital dan memanfaatkan berbagai fitur serta keuntungannya.
“FinExpo 2024 juga berperan penting dalam mempersempit kesenjangan akses keuangan, dengan target utama mengurangi jumlah masyarakat yang belum memiliki akses ke layanan perbankan (unbanked),” tambahnya.
Edukasi Keuangan bagi Generasi Muda
Sebagai bagian dari rangkaian acara FinExpo 2024, BNI bersama dengan Bank Indonesia (BI), OJK, Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memberikan edukasi keuangan kepada mahasiswa di sekitar Balikpapan melalui kegiatan bertema “GENCARKAN Investasi Bagi Generasi Muda Menuju Indonesia Maju.”
Kegiatan edukasi ini sejalan dengan program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan generasi muda. Dengan literasi yang lebih baik, masyarakat diharapkan dapat mengambil keputusan finansial yang tepat dan terhindar dari potensi kejahatan keuangan.
Komitmen BNI Terhadap Layanan Berkualitas
“BNI terus melakukan inovasi produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kami berkomitmen untuk konsisten memberikan layanan berkualitas bagi seluruh nasabah dan masyarakat,” tutup Mucharom.
Dengan langkah-langkah ini, BNI bertekad untuk terus berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih sadar dan teredukasi dalam pengelolaan keuangan, sekaligus memperkuat inklusi keuangan diIndonesia.(*)
Editor : Achmad