Laboling di Indramayu Sukses Permudah Layanan Adminduk, Warga Antusias

Min.co.id ~ Indramayu ~ Program Layanan Kolaborasi Rebo Keliling (Laboling) yang rutin digelar setiap hari Rabu oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu, kembali mendapatkan antusiasme tinggi dari warga.

Bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Sindang, layanan ini menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk mengurus berbagai dokumen administrasi kependudukan (adminduk) secara cepat dan efisien.

Mulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, masyarakat berbondong-bondong memanfaatkan layanan jemput bola tersebut.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil) Kabupaten Indramayu, Akhmad Budiharto, mengungkapkan bahwa Laboling terus diminati warga setiap kali digelar.

“Masyarakat sangat terbantu dengan hadirnya Laboling ini. Kami senang bisa mempermudah urusan adminduk mereka dengan layanan cepat di tempat,” ujar Budiharto.

Pada kesempatan kali ini, hasil pelayanan yang diberikan cukup signifikan. Laboling berhasil melakukan perekaman dan pencetakan berbagai dokumen penting, seperti:

  • 2 perekaman KTP-elektronik
  • 53 pencetakan KTP-elektronik
  • 4 pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA)
  • 21 pencetakan Kartu Keluarga (KK)
  • 16 aktivasi KTP Digital
  • 17 pencetakan Akta Kelahiran
  • 1 pencetakan Akta Kematian
  • 4 warga berkonsultasi terkait adminduk

Tidak hanya adminduk, Laboling juga menghadirkan kolaborasi lintas dinas. Layanan dari Dinkes, Diskopindag, DPMPTSP, DPMD, Bapenda, hingga Samsat, ikut terlibat untuk memberikan kemudahan pengurusan dokumen-dokumen lain seperti sertifikat halal, NIB, PIRT, PBB, hingga pajak kendaraan.

Pjs. Bupati Indramayu, Dr. H. Dedi Taufik, M. Si, yang turut hadir di lokasi, memuji kelancaran kegiatan Laboling ini. Menurutnya, layanan jemput bola seperti ini merupakan inovasi penting untuk mendekatkan pelayanan publik ke masyarakat.

“Meskipun kita sudah memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP), layanan seperti Laboling ini harus terus dilakukan karena mampu memberikan akses lebih cepat dan dekat bagi warga, terutama yang jauh dari pusat kota,” ujar Dedi Taufik.

Program Laboling berhasil menjadi solusi bagi warga yang membutuhkan layanan administrasi tanpa harus datang ke kantor pusat. Dengan respons positif dari masyarakat, Laboling terus menunjukkan keberhasilannya dalam memberikan pelayanan publik yang responsif, cepat, dan efektif.(*)

Editor : Achmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *