Min.co.id ~ Jember ~ Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Polres Jember Polda Jatim meluncurkan inovasi layanan keliling. Program ini bertujuan mempermudah warga dalam mengurus berbagai surat penting seperti SKCK, laporan kehilangan, perpanjangan pajak motor, serta memberikan penyuluhan tentang tata cara pengurusan surat-surat tersebut.
Kapolres Jember AKBP Bayu Pratama Gubunagi melalui Kasihumas Polres Jember Iptu Siswanto menjelaskan, program pelayanan jemput bola ini juga menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jember. “Kami bekerja sama dengan Dispenduk untuk memudahkan layanan KTP selain layanan kepolisian yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Iptu Siswanto, Senin (24/6).
Menurut Iptu Siswanto, layanan keliling ini akan diadakan di 31 kecamatan di Kabupaten Jember secara bergiliran sesuai jadwal yang telah ditetapkan. “Petugas akan berkeliling ke setiap kecamatan untuk membuka layanan ini,” tambahnya.
Di tempat pelayanan, petugas juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tata cara pengurusan surat-surat yang diperlukan. Lokasi pelayanan prima ini akan ditempatkan di tempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan atau pasar.
“Kami memilih lokasi yang sering dikunjungi masyarakat, seperti pasar-pasar besar di Kabupaten Jember,” jelas Iptu Siswanto.
Inovasi pelayanan keliling Polres Jember disambut antusias oleh warga. Selain memberikan kemudahan, lokasi pelayanan yang mudah dijangkau juga menjadi nilai tambah. Salah satu warga Kecamatan Kencong, Rojak Supa’i, menyatakan bahwa pelayanan ini sangat membantu. “Alhamdulillah, ini memudahkan masyarakat. Saya pribadi jadi lebih dekat mengurus sesuatu, dan ini langsung jadi. Hari ini saya mengurus akte kelahiran anak,” ungkap Rojak.
Warga yang membutuhkan SKCK maupun ingin membayar pajak kendaraan juga tampak antusias. Sukidi, yang membayar pajak motor tahunan di pelataran Dira Shopping Center Kecamatan Kencong, merasa sangat terbantu. “Saya tadi bayar pajak motor, tidak ribet,” ujarnya.
Kepala Bagian Perencanaan Polres Jember, Kompol Sudariyanto, menjelaskan bahwa pelayanan prima ini akan terus dilakukan demi memudahkan masyarakat. “Pelayanan jemput bola ini adalah salah satu wujud dari komitmen kami yang senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan terbaik,” kata Kompol Sudariyanto.
Ia berharap dengan inovasi pelayanan jemput bola ini, masyarakat merasa lebih dimudahkan. “Kami berupaya memberikan pelayanan yang cepat, dekat, dan bersahabat,” pungkasnya.(*)
Editor : Achmad
