oleh

Tingkatkan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Konstitusional, Camat Losarang Bagikan KIA Secara Gratis di SDN 2 Jangga

Min.co.id – Indramayu – Dalam upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia, Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Pemerintah Kecamatan Losarang membagikan KIA (Kartu Indentitas Anak) secara gratis di SDN 2 Jangga Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Kamis (22/9/2022).

Camat Losarang Boy Bily Prima bersama Kasi Yanmas Sodikin dan didampingi Satpol PP Kecamatan Losarang berkunjung ke SDN 2 Jangga dan kedatangannya disambut baik oleh Kepala UPTD sekolah SDN 2 Jangga dan para guru serta wali murid.

“Terima kasih dengan kedatangan pak Camat, kami apresiasi dengan baik, dan semoga dengan dibagikannya KIA ini dapat bermanfaat bagi anak murid juga orang tua murid dan tak lupa kami ucapakan juga buat ibu Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina yang telah mengupayakan kebijakan, hingga pembagian KIA gratis ini terealisasikan,” ujar Nina Handayani Kepala UPTD SDN 2 Jangga.

Selanjutnya Camat Boy kepada min.co.id mengatakan, kegunaan KIA sangat besar manfaatnya, selain untuk kebutuhan administrasi sekolah juga untuk kebutuhan perbankan, claim asuransi dan BPJS.

“Kami bagikan KIA ini gratis kepada wali murid di sekolah SDN 2 Jangga sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional bagi warga, dan semoga dalam penggunaannya kartu identitas anak ini bermanfaat,” ujar Boy.

Pemberlakuan kartu identitas anak ini adalah bentuk upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia terkait pemberlakuan kartu identitas anak (KIA), karena sebagaimana sesuai dengan Permendagri no 2 tahun 2016, setiap warga negara Indonesia dari usia 0 – 17 tahun kurang 1 hari wajib membuat kartu identitas anak.

Dalam permohonan untuk membuat kartu identitas anak (KIA) masyarakat perlu mengingat untuk persyaratannya yakni sertakan foto copy akta kelahiran anak dan sambil menunjukan aslinya, KK asli (orang tua) , KTP asli (orang tua) dan pas foto anak berukuran 2×3 sebanyak 2 lembar. (Ikhwan)

Komentar

News Feed