oleh

Presiden Jokowi Lantik Khofifah-Emil Jadi Gubernur dan Wagub Jatim

-News-2 views

Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur masa jabatan 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2) sore.

Upacara pelantikan diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya oleh seluruh tamu undangan. Selanjutnya, pembacaan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 2/P tahun 2019 tanggal 8 Januari 2019 tentang pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur masa jabatan tahun 2019-2024.

Usai pembacaan Keputusan Presiden oleh Deputi Administrasi Kementerian Sekretariat Negara, dilakukan pengambilan Sumpah Jabatan oleh Presiden Republik Indonesia yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan.

Tampak hadir dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla,  Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menlu Retno Marsudi, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Sebelum dilantik, baik Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak, menerima petikan Keputusan Presiden oleh Presiden RI tentang pengangkatan masing-masing sebagai  Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Masa Jabatan Tahun 2019–2024.

Upacara penyerahan petikan diawali dengan Calon Gubernur Jatim dan Calon Wakil Gubernur Jatim masa jabatan Tahun 2019-2024 memasuki ruang Kredensial untuk menerima Petikan Keputusan Presiden yang diserahkan oleh Presiden RI.

Selanjutnya, mereka melakukan kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara melalui jalan samping dan melewati halaman Istana Merdeka untuk melakukan upacara pelantikan.

Bersamaan dengan pelantikan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak, ikut juga dilantik Gubernur Jambi, Fahrori Umar  yang menggantikan Zumi Zola melanjutkan sisa masa jabatan Tahun 2016-2021.

Hadir dalam upacara penyerahan Petikan Keputusan Presiden, yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (jal)

Komentar

News Feed