oleh

Destinasi Wisata Jalur Pantura

Satu jalur yang paling terkenal adalah jalur pantura atau pantai utara Pulau Jawa.

Jalur yang juga dikenal dengan nama Jalan Nasional Rute 1 ini menghubungkan dua pelabuhan penyeberangan yaitu Merak di ujung Barat pulau Jawa dan Ketapang di ujung Timur pulau Jawa.

Jalur pantura melewati banyak kota besar, eberapa di antaranya adalah Cilegon, Tangerang, Indramayu, Brebes, Tegal, Semarang, Pekalongan, Tuban, Gresik, Surabaya, Pasuruan, dan Banyuwangi.

Tak heran di sepanjang jalur pantura ini ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Apa saja ya? Berikut beberapa destinasi yang bisa dikunjungi seperti dikutip TribunTravel.com, Selasa (29/5).

 

  1. Kampung Batik Trusmi

Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Cirebon, Jawa Barat merupakan sentra pembuatan dan penjualan kain batik dengan berbagai motif. Motif batik di sini identik dengan corak batik pesisir. Tak heran Kampung Batik Trusmi menjadi satu spot pemberhentian untuk membeli oleh-oleh.

 

  1. Pantai Alam Indah

Di Tegal, ada satu spot untuk melepas lelah kala mudik sambil menikmati pantai. Yakni, di Pantai Alam Indah. Pantai Alam Indah juga menjadi satu ikon wisata Kota Tegal.

 

  1. Museum Batik Pekalongan

Satu lagi destinasi yang berbau batik, yakni Museum Batik Pekalongan. Ada banyak koleksi batik yang dipamerkan di museum yang beralamat di Jalan Jetayu, No. 1 Pekalongan ini. Selain ke Museum Batik Pekalongan, kamu juga bisa mampir ke Pantai Pasir Kencana.

 

  1. Masjid Agung Semarang

Bangunan masjid ini merupakan perpaduan arsitektur Jawa, Arab, dan Yunani. Ada prasasti besar seberat 7,8 ton yang terbuat dari batu alam dari lereng Gunung Merapi. Ada payung raksasa di bagian halaman masjid, mirip seperti payung di Masjid Nabawi, Madinah.

 

  1. Telaga Ngipik

Telaga ini memiliki pemandangan hijau di tengah kawasan industri Kota Gresik. Telaga ini merupakan bekas galian tambang pabrik semen. Pemandangannya yang indah, cocok dijadikan tempat istirahat bersama keluarga saat mudik.

 

  1. Gua Maharani

Kalau lewat Lamongan, kamu bisa berkunjung ke Gua Maharani. Tak cuma keindahan gua, ada kebun binatang yang berada di sekitarnya. Kamu juga bisa mampir ke Wisata Bahari Lamongan.

 

  1. Monumen Kapal Selam

Di Surabaya, ada satu monumen ikonik yang dinamakan Monkasel atau Monumen Kapal Selam. Kapal selam yang telah pensiun itu buatan Rusia dan dinamai KRI Pasoepati 410. Kamu bisa melihat interior kapal selam dan menonton video dokumenter tentang sejarah KRI Pasoepati 410 dan Angkatan Laut RI. (wk)

 

 

 

 

Komentar

News Feed