oleh

Tahun Politik, Satpol PP Diminta Siaga

-News, Politik-708 views

Min.co.id-Indramayu-Tahun 2018, adalah tahun politik. Di tahun ini, ada dua agenda besar nasional yang akan digelar yakni pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) dan tahapan pemilihan legislatif serta pemilihan presiden tahun 2019 yang juga digelar bersamaan. Di tahun politik ini. peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sangat signifikan.

Satpol PP dan Satlinmas ikut mengawal dua agenda nasional untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Karenanya, Satpol PP harus selalu siap siaga menjaga wilayahnya agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

“Terkait dengan agenda nasional tersebut, maka tema yang diambil dari hari jadi Satpol PP dan Satlinmas kali ini adalah Satpol PP dan Satlinmas siap mengawal Pilkada serentak 2018,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Ahmad Bahtiar saat memberi sambutan mewakili Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah di acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 dan Hari Pemadam Kebakaran tingkat Kabupaten Indramayu yang dipusatkan di Alun-Alun Indramayu, Senin (19/03/2018).

Tema ini lanjut Sekda mengandung arti, Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga di tahun politik ini. Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas, akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada. Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas, memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. Karena itu Sekda meminta, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya.

Tugas pokok lainnya, kata dia, ikut membantu dalam kontek tugas sosial. Tentu, di tahun politik ini, dinamika politik akan meningkat. Potensi gangguan keamanan juga akan ikut menguat. Ahmad Bahtiar pun meminta, agar dari sekarang, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan upaya deteksi dininya. Sehingga potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terlindungi.

“Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi sesuai dengan tugas dan fungsinya Satpol PP dan Satlinmas harus dapat menyiapkan diri sejak dini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu, Munjaki, mengatakan, ultah ini dijadikan momentum bagi seluruh anggota Satpol PP dan Linmas Kabupaten Indramayu harus meningkatkan kapasitas, kualitas, kompetensi dan juga profesionalisme dalam menjalankan tugasnya.

“Karena saat ini tuntutan masyarakat semakin membutuhkan ketentraman ketertiban dan kenyamanan menjadi tanggungjawab Pol PP Linmas dan Damkar. Apalagi di tahun politik saat ini anggota harus aktif dalam menyukseskan pilkada serentak,” tegas Munjaki.

Diakui Munjaki, saat ini pihkanya memang masih mengalami sejumlah kendala dan hambatan yakni terbatasnya anggota Sat Pol PP, sarana dan prasarana yang masih minim, serta anggaran yang masih sangat terbatas.

Seusai upacara, dilanjutkan dengan simulasi pemadam kebakaran oleh anggota damkar Indramayu dan pemusnahan minuman keras hasil operasi serta kegiatan ramah tamah. (Abi Sohib / Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu)

Komentar

News Feed