oleh

Menteri BUMN Kembali Salurkan Bantuan Penanganan Covid-19 untuk Warga Jatim

-News-54 views

Min.co.id-Jatim-Menteri BUMN, Erick Thohir, kembali menyalurkan bantuan untuk percepatan penanganan Covid-19 di Jawa Timur. Bantuan yang diserahkan berupa 10 ribu buah APD, 100 ribu buah masker bedah, dan 100 ribu tablet avigan (obat antivirus).

“Alhamdulillah kemarin kan sesuai dengan arahan Presiden, kita sudah ke Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dan memang kebetulan Jawa Timur dua kali. Karena memang kan kondisi di Jawa Timur perlu perhatian khusus,” kata Erick Thohir, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (5/7/2020).

Ia menjelaskan, bantuan yang diberikan untuk wilayah Jawa Timur melalui Pemprov Jatim itu sebagai bentuk keseriusan pemerintah pusat untuk menangani pandemi di yang masih banyak terjadi di Jatim.

“Insyaallah kami hadir di sini bagian dari pemerintah juga. Bukan karena BUMN saja. Tapi memang ini sebuah keharusan, memang saya lihat dengan jumlah yang pada saat ini masih konstan, seperti kenaikan itu,” ujarnya.

Erick menjelaskan, untuk bantuan APD dan masker bedah diberikan untuk mendukung tenanga medis dan paramedis yang masih berjuang mengatasi pasien Covid-19. Sedangkan obat Avigan yang diberikan, lanjut dia, untuk membantu pengobatan pasien Covid-19 di Jatim yang jumlahnya penambahan positif baru setiap harinya masih cukup tinggi

“Tentu kami coba membawa obat avigan yang mudah-mudahan kalau prosedurnya baik, bisa juga menekan daripada angka kematian,” pungkasnya.

Bantuan dari Menteri BUMN itu diterima langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Untuk pendistribusian bantuan itu, Khofifah mengaku memprioritaskan untuk 100 RS rujukan Covid-19 di Jatim, termasuk Avigan untuk mengobati pasien.

Sebelumnya, pada tanggal 9 Mei 2020 lalu Menteri BUMN juga menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 kepada Gubernur Khofifah. Bantuan alat kesehatan tersebut antara lain rapid test kit sebanyak 10 ribu buah, ventilator invansive 5 unit, ventilator non invasive 10 unit, coverall 50 ribh buah, gloves 2.000 buah, mask surgical 40 ribu buah, N-95 Mask 3.000 buah, mop cap 1.000 buah, dan hidrocloroquine 20 ribu tablet. (afr/s)

 

Komentar

News Feed