oleh

10 Hektare Lahan Gambut Terbakar di Aceh

-Tak Berkategori-628 views

lahan gambutmin.co.id/Aceh – Sekitar 10 hektare lahan gambut terbakar di kawasan pedalaman Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh pada hari Jumat (09/06/2017) malam. Menurut Kepala Desa Peulante, Sakdan mengatakan kebakaran lahan gambut terus meluas dipicu kondisi angin dan cuaca terik sehingga sulit dipadamkan.

“Ada sekitar 10 hektare yang terbakar, tapi lokasinya terpencar-pencar. Hari ini sudah turun Kapolsek Arongan Lambalek bersama unsur pemerintahan desa, tapi belum berhasil memadamkan kebakaran karena fasilitas pemadaman api belum bisa menjangkau lokasi,” Kata Kepala Desa Peulante Sakdan seperti dilansir republika.com, Jumat (09/06/2017).

Beliau menjelaskan bahwa kawasan lahan yang terbakar hanya berjarak 3 Km dari jalan utama. Dampak asapnya belum bisa dirasakan karena arah angin bertiup ke arah hutan pegunungan setempat.

Kebakaran lahan gambut tersebut diduga adanya ulah masyarakat yang melakukan aktivitas pembukaan lahan dengan cara membakar. Karena cuaca sangat terik membuat api cepat merambat ke rawa gambut. Menurut Sakdan kebakaran sudah terjadi tiga hari, awalnya titik api hanya beberapa titik lokasi dan kemudian meluas hingga sampai 10 hektare.(rnh)

Komentar