oleh

Resep Membuat Torakur (Tomat Rasa Kurma) untuk Menu Buka Puasa

-Kuliner-739 views

Min.co.id – Di bulan Ramadhan kita sering sekali ditawarkan beragam takjil seperti kurma, kolak, biji salak dan masih banyak lagi. Makanan manis menjadi paling diburu untuk menu buka puasa dibandingkan dengan makanan lainnya. Selain kurma dan kolak, takjil manis satu ini juga banyak disukai oleh banyak kalangan yakni torakur atau tomat rasa kurma.

Torakur merupakan olahan tomat yang mempunyai rasa persis rasa kurma dan sering disebut manisan kurma. Olahan tomat yang pertama kali diperkenalkan oleh Ibu Sri Ngestiwati dan menjadi oleh-oleh khas Bandungan, Kabupaten Semarang.

Torakur bisa menjadi takjil pilihan saat buka puasa ataupun kudapan saat hari raya. Nah, bagi Anda yang ingin membuat torakur atau tomat rasa kurma bisa ikuti langkah-langkah membuatnya dibawah ini.

Bahan-bahan:

1. Tomat merah 1000 gram (tidak terlalu matang)
2. Gula pasir 200 gram
3. Kapur sirih 1 sendok teh (larutkan)

Cara Pembuatannya:

1. Pilihlah tomat merah yang tidak terlalu matang, cuci hingga bersih setelah itu rendam pada larutan kapur sirih selama 2 hingga 3 jam.

2. Setelah diremdam, langkah selanjutnya mengeluarkan biji-biji tomat dengan menekannya atau pijit. Setelah itu cuci sampai bersih.

3. Masukanlah tomat kedalam panci dan susun secara rapih, setelah itu taburkan gula pasir secara merata lalu diamkan semalaman.

4. Masaklah tomat dengan menggunakan api kecil hingga kering namun tidak gosong.

5. Setelah itu, jemur tomat-tomat tersebut dengan menggunakan tampan atau nyiru selama 3 hingga 4 hari.

6. Setelah dijemur tomat tersebut akan berwarna seperti kurma. Langkah selanjutnya, masukan torakur kedalam toples untuk disajikan bersama keluarga.(rnh)

Komentar

News Feed