oleh

Jatim Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Nasional Wushu 2022

Min.co.id-Jatim-Provinsi Jawa Timur menjadi tuan rumah Piala Bergilir Presiden Kejuaran Nasional Wushu  tahun 2022. Upacara pembukaan kegiatan ini diadakan di Graha Unesa Kota Surabaya, Sabtu (17/9/2022) malam.

Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, dalam sambutannya menyampaikan, Kejuaraan Nasional Wushu Piala Presiden tahun 2022 ini merupakan event penting untuk membina bibit – bibit atlet wushu baru dan berkualitas untuk Indonesia. Kejurnas ini tentu menjadi kesempatan untuk mengenalkan olahraga Wushu pada masyarakat luas.

“Kejurnas ini juga merupakan kelanjutan dari event Kejurprov Wushu yang diselenggarakan di Jawa Timur, pada 26 sampai 28 Agustus lalu di Gelora Pancasila, yang diikuti oleh pengurus cabang Wushu se – Jatim dimana kota Surabaya menjadi juara umumya. Inilah pondasi dasar pembangunan prestasi olahraga, bukan hanya antara pelatih dan atlet, tetapi ini kesempatan banyak pihak yang ikut mendukung pembinaan tersebut termasuk stake holder yang salah satu tolak ukurnya menggelar pertandingan,” terangnya.

Emil berharap Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 ini akan menjadi wadah bagi para atlet untuk bisa bersaing dan berprestasi, sehingga para atlet Wushu kemudian memiliki pengalaman dan jam terbang yang lebih baik lagi agar semakin berprestasi di tingkat internasional.

“Tentunya semoga hal ini juga menjadi moment untuk mengedepankan sportifitas, keteladanan, dan prestasi yang berkelanjutan. Kita harap, ini akan menjadi sebuah role model bagaimana ketekunan, konsistensi,  serta semangat pantang menyerah yang akan menjadi keteladanan bukan hanya bagi para sesama atlet, tetapi bagi seluruh masyarakat,” tuturnya.

“Dan semoga ikhtiar kita ini untuk menjadikan cabang olahraga Wushu sebagai cabang olahraga kebanggaan Indonesia akan diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam penyelenggaraan Kejurnas nanti,” imbuhnya.

Tidak lupa, pada kesempatan ini, Emil juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada panitia penyelenggara Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 ini serta kepada semua pihak yang mendukung acara, atas kepercayaan yang diberikan untuk Surabaya Jawa Timur sebagai tempat digelarnya Kejurnas.

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI), Airlangga Hartanto, dalam sambutannya secara virtual, memyampaikan, hal ini merupakan ajang prestasi terutama untuk menghadapi kejuaraan dunia Junior yang akan dilakukan tanggal 2 sampai 11 Desember 2022 nanti. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dahlan Iskan selaku founder  Harian Disway yang mendukung Kejurnas ini.

“PBWI perlu terus melakukan pembinaan termasuk melalui sirkuit wushu, sirtkuit taolu, sirkuit sanda, sehingga para atlet junior ini dapat dipersiapkan untuk kejuaran dunia di bulan Desember nantinya,” kata Airlangga.

Tak hanya itu, para atlet juga dipersiapkan untuk Asian Games 2026, dan di tahun 2030 doharapkan wushu bisa dipertandingkan di event bergengsi yaitu di olimpiade.

Sebagai informasi, kejuaran Nasional Wushu Piala Presiden tahun 2022 ini diselenggarakan oleh Harian Disway milik Dahlan Iskan yang berkolaborasi dengan pengurus wushu Provinsi Jawa Timur. Di kejuaran itu pula diadakan Jatim Open Wushu Championship 2022 untuk memperebutkan piala Menpora dan Piala Airlangga Hartanto.

Kejuaraan ini merupakan ajang resmi dari PBWI untuk menjaring bibit – bibit atlet nasional yang siap mengharumkan nama bangsa di kancah internasional dan menjadi ajang seleksi peserta taolu wushu junior yang akan maju dalam kejuaran dunia pada bulan Desember 2022 nanti.

Upacara Pembukaan Kejurnas Wushu ini dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Pendiri Harian Disway Dahlan Iskan, Ketua Umum Pengurus Provinsi Wushu Jawa Timur, Soedomo Mergonoto, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBWI Ngatino, Deputi Empat Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Chandra Bhakti, Bapak Wushu Indonesia I Gusti Kompyang Manila, dewan pengurus PBWI lainnya, dan para atlet wushu Indonesia yang akan bertanding di Kejurnas nanti.

Acara dibuka dengan sangat meriah, diawali oleh pertunjukan Kolosal Geloran Nuswantara dan atraksi wushu, kemudian defile atau perarakan barisan atlet nasional wushu terpilih dari 21 provinsi di Indonesia, lalu diikuti pembacaan janji wushu dan janji juri wushu. Kemudian sambutan selamat datang dari  Dahlan Iskan selaku penyelenggara Kejurnas Wushu, dan Pemilik Harian.(rls)

Komentar

News Feed