oleh

Danrem 063 SGJ Apresiasi Kegiatan Pelayanan KB Kodim Indramayu

Min.co.id-Indramayu- Danrem 063/SGJ Cirebon, Kolonel Infantri Dani Rakca Andala Sawan, memberikan apresiasi pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan (TMKK) semester ll tahun 2022, melalui pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yakni Metode Operatif Wanita (MOW) / Tubektomi dan Metode Operatif Pria (MOP) / Vasektomi, diikuti oleh 300 peserta dalam satu hari di RS. Pertamina Balongan Indramayu, Rabu, 21 September 2022.

Hal itu disampaikan saat melaksanakan monitoring kegiatan pelayanan KB yang diselenggarakan Kodim 0616 / Indramayu, bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPA) Kabupaten Indramayu serta Manajemen RS. Pertamina Balongan.

“Alhamdulillah dari pantauan kami jumlah yang terlayani cukup besar yakni lebih dari 300 orang, ini bukti keberhasilan kerjasma antara Kodim, BKKBN dan Pemda Indramayu,” tegasnya.

Kedatangan Danrem 063/Sunan Gunung Djati dilokasi kegiatan, didampingi Wa Aster Kasdam III/SLW, Letkol Inf Dedi Supriadi, Dandim 0616/Indramayu, Letkol Arm. Andang Radianto, Pabandiya Bakti TNI Ster Dam III/SLW, Letkol Inf Sigrit Panaha, Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Jabar, Wahidin, Sekdis DPPKBPPA Kabupaten Indramayu, Rosida dan Direktur RS. Pertamina Balongan, Drg. Budi Karnawan, dengan melibatkan Ketua Persit KCK Cabang XXVII Kodim 0616/Indramayu, Dini Jayanti Andang Radianto beserta Pengurus Persit KCK Cabang XXVII Kodim 0616/Indramayu, seluruh Petugas dari UPTD Dalduk P3A masing-masing kecamatan se Kabupaten Indramayu, Anggota Poskesdim Indramayu, Anggota Makodim 0616/Indramayu dan perwakilan Babinsa dari masing masing Koramil 1601 s.d Koramil 1617 serta Pengurus TPPKK desa se Kabupaten Indramayu.

Seperti diketahui, kegiatan pelayanan KB ini telah diikuti lebih dari 300 warga yang mendapatkan pelayanan MOW dan MOP. Kegiatan Kodim 0616 Indramayu ini, dimaksudkan untuk mendorong percepatan pencapaian target pelayanan KB yakni MKJP berupa MOW dan MOP secara gratis.

Ditempat yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Barat, Wahidin, mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya TNI dalam mendorong percepatan pelayanan KB dengan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan KB MOW dan MOP secara cuma – cuma dan pada pelayanan hari ini terdapat 300 lebih pasien yang terlayani.

Namun demikian, perlu diberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan program pelayanan MKJP yang diselenggarakan pemerintah salah satunya program TMKK Kodim 0616 Indramayu, karena jika masyarakat melakukan MOW atau MOP secara mandiri di Rumah Sakit biayanya cukup mahal.

“Untuk jumlah pelayanan MOW dan MOP se Jawa Barat tahun 2022, hari ini Kodim 0616/Indramayu berada diperingkat tertinggi di Jawa Barat karena dalam satu hari mampu melayani lebih dari 300 pasien,” ungkapnya.

Usai melakukan monitoring, Danrem 063/Sunan Gunung Jati, menyempatkan diri untuk mendengarkan secara langsung tanggapan dari masyarat yang telah mengikuti pemasangan KB secara cuma-cuma melalui program TMKK tahun 2022.(red)

Komentar

News Feed