oleh

Ciborelang Nyiar Luang, Pagelaran Budaya Khas Majalengka

Min.co.id, Majalengka – Dewan Kesenian dan Kebudayaan Majalengka bareng Sanggar Gosali mengadakan acara Ciborelang Nyiar Luang dengan tema Nyipta Rasa di saung Sanggar Gosali Jatiwangi Majalengka, Sabtu (10/11).

Pagelaran Budaya dari berbagai Sanggar mengisi acara Ciborelang Nyiar Luang, sejak pagi sampai sore menyajikan kesenian-kesenian ciri khas dari Sanggar Seni dan Padepokan yang tergabung dalam Dewan Kesenian dan Kebudayaan Majalengka.

Pagelaran budaya seperti ini sebenarnya rutinan setiap bulannya dari semua personil yang mempunyai Sanggar dan Padepokan seni, sepakat untuk melaksanakan acara demi acara agar secara tidak langsung terasah dari segi pementasan dan juga manajemennya.

Menurut ketua DEKKMA Asikin Hidayat, acara ini bentuk dari program yang sudah direncanakan oleh DEKKMA yaitu mempunyai agenda kegiatan setiap bulannya untuk menampilkan pagelaran yang dikemas oleh masing-masing pemilik Sanggar atau Padepokan seni, agar ada rutinitas jadi tidak menunggu disuruh ada anggaran atau tidak program ini harus berjalan dengan mengandalkan kekompakan dari seniman dan budayawan yang tergabung dalam DEKKMA pungkas Asikin.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Majalengka H. Gatot Sulaeman dalam acara Ciborelang Nyiar Luang ini diminta untuk membuka acara, dalam sambutannya Gatot mengapresiasi segala kegiatan yang dilaksanakan oleh DEKKMA di tempat Sanggar Gosali apalagi ini positif untuk mengangkat dan memperkenalkan Sanggar dan Padepokan yang ada juga jenis ibingan dan tarian di Majalengka.

Sementara Ketua Sanggar Gosali Tini Hartini mengucapkan rasa terima kasih atas segala dukungan dan partisipasi dari seluruh Muspika dan Kepala Desa serta masyarakat juga bantuan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Majalengka beserta DEKKMA yang sudah mensuport dan mensukseskan acara Nyiar Luang ini kata Tini. (topik)

Komentar

News Feed