oleh

Begini Pesan Plh. Bupati Indramayu, Pada Peringatan HUT RI Ke 74 Tahun 2019

-News-14 views

Min.co.id-Indramayu-Pembangunan dalam konteks nasional yang sedang dan yang akan terus dilakukan harus diarahkan pada terciptanya masyarakat madani, yaitu suatu masyarakat yang mengenal hak dan kewajiban secara bersama-sama bertanggung jawab terhadap kesejahteraan lingkup masyarakatnya sendiri.

Hal tersebut ditegaskan Plh. Bupati Indramayu Rinto Waluyo dalam amanatnya pada puncak peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 di Alun-alun Indramayu, Sabtu (17/08/2019).

Rinto Waluyo menambahkan, pada skala kehidupan nasional, seluruh rakyat Indonesia membangun suatu masyarakat madani yang damai dan adil sebagai nilai-nilai kehidupan, sehingga keunggulan yang dimiliki adalah keunggulan partisipatoris, dengan harapan manusia-manusia unggul yang dimiliki adalah manusia yang senantiasa dalam kondisi siap berperan secara aktif dalam persaingan sehat untuk mencari yang terbaik.

Sedangkan keunggulan partisipatoris dengan sendirinya berkewajiban untuk menggali dan mengembangkan seluruh potensi individual yang akan digunakan untuk membangun daya saing bangsa sehingga mampu memenangkan persaingan.

“Meningkatkan daya saing sudah barang tentu memerlukan konsep kongkrit program yang terencana, terukur, dan dapat dievaluasi, serta diperkuat dengan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan dalam pelaksanaanya,” tegas Rinto.

Untuk meningkatkan daya saing itu, pendidikan merupakan salah satu sarana strategis. Oleh karena itu, kualitas pendidikan harus ditingkatkan pada semua jenjang dan jenis. Sektor pendidikan harus tetap mendapat prioritas utama. Hal ini sangat penting untuk menjadi pemahaman dan perhatian bagi seluruh pemangku kepentingan terhadap masalah pendidikan, sebab tanpa pendidikan kualitas SDM akan semakin terpuruk, yang pada gilirannya akan membuat bangsa kita semakin tertinggal dan terpinggirkan di arena percaturan kehidupan global.

Pada puncak upacara tersebut, naskah Pacasila dibacakan oleh Dandim 0616 Indramayu, naskah Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Indramayu, dan naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Repbulik Indonesia dibacakan oleh Ketua DPRD Indramayu. (Rel/hasto)

Komentar

News Feed