UMKM Binaan Pertamina Berjaya di Grand Prix Indonesia 2024, Pikat Wisatawan Asing

Min.co.id ~ Lombok ~ Pertamina Patra Niaga bersama Rumah BUMN Pertamina Lombok Timur sukses mendukung 60 UMKM binaannya untuk memamerkan produk-produk lokal unggulan di ajang internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024. Acara yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit pada 27-29 September ini bukan hanya panggung bagi balapan kelas dunia, tetapi juga menjadi sorotan karena menampilkan kekayaan budaya dan kreativitas UMKM lokal.

Dengan menampilkan beragam produk dari kuliner khas Lombok hingga kerajinan tangan eksklusif, partisipasi UMKM ini berhasil memikat perhatian pengunjung dari berbagai negara. Pengusaha lokal pun merasakan lonjakan permintaan yang signifikan selama acara berlangsung.

“Kami bangga bisa membawa produk-produk lokal ini ke ajang internasional. Ini kesempatan luar biasa untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia ke kancah global,” ujar Heppy Wulansari, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, dalam siaran persnya pada Minggu (29/9/2024).

Para pengunjung, termasuk wisatawan mancanegara, menunjukkan antusiasme tinggi terhadap produk-produk lokal. Salah satunya adalah Susie Gait, turis asal Inggris yang kagum dengan kualitas kerajinan songket Lombok. “Ini cara brilian untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Saya sangat menyukai kerajinan ini dan pasti akan merekomendasikannya kepada teman-teman di Inggris,” katanya.

Dalam acara tersebut, UMKM menggunakan Bright Gas dan aplikasi MyPertamina untuk transaksi. Selain menjaga kualitas produk, aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pelanggan, sekaligus mendorong penjualan bagi pelaku UMKM. “Transaksi jadi lebih mudah, dan kami bahkan mendapatkan keuntungan lebih besar berkat event ini,” ungkap Indah Lestari, pemilik UMKM Songket Bunga Rinjani.

Pertamina juga memastikan bahwa setiap event internasional di Indonesia, terutama di kawasan Lombok, harus mewakili kekuatan lokal. “UMKM adalah motor penggerak ekonomi, dan kami akan terus mendukung pertumbuhannya, khususnya melalui ajang internasional seperti ini,” ujar Fadjar Djoko Santoso, VP Corporate Communication Pertamina.

Dengan partisipasi ini, Pertamina tak hanya memperkenalkan inovasi dan kreativitas lokal, tetapi juga memberikan dampak nyata dalam penguatan ekonomi daerah dan pengenalan produk Indonesia ke dunia.(ip)

Editor : Achmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *