oleh

Perhutani Majalengka Jadikan Tanaman Kayu Putih Menjadi Ketahanan Pangan Masyarakat

-BIsnis-124 views

Min.co.id, Majalengka – Closing tanaman tahun 2020 penanaman bibitbke-483.518 Divisi Regional Jawa Barat dan Banten KPH Majalengka yang silaksanakan di lahan Perhutani Cibenda kecamatan kertajati Majalengka, Rabu (30/12/2020).

Hadir dalam acara penanaman ini seluruh jajaran utama KPH Majalengka dan IIKP Majalengka, Waka, Kasi, Asper KPH semajalengka, LMDH, Kepala desa, masyarakat Penggarap lahan kawasan hutan.

Lokasi penanaman sendiri berada dilokasi petak 18 seluas 7,80 Ha Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sukajaya dan masuk Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cibenda KPH Majalengka, masuk wilayah administratip pemerintahan desa Mekarmulya Kecamatan Kertajati kabupaten Majalengka.

Administratur KPH Majalengka Ir. Andi Mulya didampingi Waka ADM Agus Kurnia S.Hut menyampaikan penanaman ini merupakan penanaman terakhir dengan jumlah seluruhnya mencapai 483.518 pohon diakhir tahun 2020 ini ucap Andi.

Andi juga mengatakan bahwa sekarang lokasi ini ditanami pohon kayu putih karena hasilnya cepat dan tertinggi hasilnya untuk dimajalengka dan selain itu juga menjadi ketahanan pangan serta sekaligus upaya reboisasi hutan yang bisa bermanfaat untuk warga setempat dengan jumlah penggarap sebanyak 1800 orang khusus di desa mekar mulya sedangkan penggarap lahan kawasa hutan dari 5 desa lebih dari 3000 orang penggarap lahan kawasan hutan meliputi desa Sahbandar, desa Mekarmulya, desa Sukamulya, desa Mekarjaya, desa Kertasari sekitar hutan wilayah kecamatan kertajati ungkap Andi.

Bahkan kedepannya kalau sudah ada tambahan penanaman dan berhasil akan mendirikan pabrik kayu putih biar langsung bisa diolah dilokasi terdekat karena untuk yang ditanam tahun sekarang mencapai 185 Ha dengan pemegang hak garap lebih 200 orang dalam keluasan lahan kawasan hutan tersebut pungkasnya. (topik)

Komentar

News Feed