oleh

Sosialisasi Gemaponik Subang Untuk Kemanusiaan

-Tak Berkategori-307 views

min.co.id/subang – Hidroponik merupakan suatu cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, melainkan menggunakan larutan mineral bernutrisi atau bahan lainnya yang menggunakan unsur hara seperti sabut kelapa, serat mineral, pasir, pecahan batu bata, serbuk kayu dan lain-lainnya. penggagas Gerakan menanam hidroponik (GEMAPONIK) letkol. Inf. Budi mawardi syam ini di sosialisasikan di Grand hotel Subang hari jum’at (28/7) melalui perwakilannya Diki Darmawan yang sekaligus penanggung jawab dari GEMAPONIK.

Ikut hadir dalam acara tersebut perwakilan Bupati Subang, Hj. Tuty, KNPI Subang, Karang Taruna Subang, Tokoh Tani, Organisasi Wanita, Tenaga Pengajar, Kepolisian dan Insan Pers.

“Dengan adanya GEMAPONIK Subang ini maka akan terbentuknya kelompok-kelompok Tani di RT/RW seluruh Kecamatan di Subang, untuk meningkatkan pendapatan warganya.” kata Sokhyat Ketua Panitia.

Penggagas program GEMAPONIK Letkol. Inf. Budi Mawardi Syam melalui perwakilannya Diki Darmawan mengatakan “bahwasannya program ini bisa mengatasi krisis kemanusiaan. dimana lahan produksi pangan sudah menciut, bencana alam sering terjadi, petani berkurang otomatis kesediaan pangan akan berkurang. maka dengan cara hidroponik ini juga ikut menunjang program ketahanan pangan.”

Diki Menambahkan “Tanaman yang di tanam ini tidak memerlukan lahan yang luas,cukup di pekarangan rumah,di samping rumah apabila dikerjakan sungguh-sungguh maka hasil panennya cukup menjanjikan”.

Dalam pemaparannya Diki menerangkan bahwa program ini tentunya tidak akan mempengaruhi petani reguler, karena dalam pendistribusian hasil panennya akan di kelola dengan sistem digital antara anggota  kelompok yang sudah terbentuk.

” kita akan bentuk Kelompok Tani di tiap Kecamatan melalui RT/RW, nanti hasil panennya pun kita yang akan mendistribusikan pemasarannya.” tegasnya.

Hasil panen dari tanaman hidroponik ini selain aman di konsumsi karena terbebas dari pestisida yang bahaya bagi kesehatan. Serta perawatannya cukup mudah karena tidak ada usur tanah garapan dan pupuk.

“Jadi kita tidak perlu panas-panasan dalam hal menggarap tanaman hidroponik ini, cukup dengan perawatan yang rutin cukup di kasih air nutrisi. Maka tanamam ini tumbuh subur.” pungkasnya. (rama)

Komentar