oleh

Festival Padi 2019 Perkenalkan Bibit Karya Petani Kecil

-News-168 views
Seni tari topeng dalam acara Festival Padi 2019 yang diperankan oleh anak-anak Desa Kalensari.

Min.co.id, Indramayu – AB2TI menggandeng Pemdes Kalensari Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu dalam menggelar acara Festival Padi 2019 yang bekerjasama dengan Indonesian Center for Biodiversity and Biotechnology (ICBB) Bogor dengan dukungan dari PT Pupuk Indonesia, BRI, BULOG dan Food Station Cipinang. Penyelenggaraan Festival Padi bertempat di Desa Kalensari, Senin (29/4/2019).

AB2TI merupakan jaringan petani kecil yang bergerak di konservasi benih lokal, pemuliaan tanaman, penangkaran benih dan pengembangan teknologi saat ini ada di 87 Kabupaten dan 15 Provinsi.

Menurut panitia pelaksana Baman menjelaskan kepada jurnalis min.co.id bahwa
“Festival Padi 2019 merangkum berbagai kegiatan dengan tujuan utama untuk memperkenalkan dan menguji benih-benih karya petani kecil, pelestarian budaya tani melalui pagelaran budaya dan menumbuhkembangkan kecintaan anak muda pada dunia pertanian melalui pameran, penampilan seni tradisional maupun lomba fotografi”, tuturnya.

Bersamaan dengan Festival Padi 2019, AB2TI juga mencetak Rekor MURI untuk “Menanak Nasi dari 90 Varietas Padi di 90 Pawon” yang dinobatkan sebagai record dunia oleh MURI. Tidak hanya itu, dalam Festival Padi juga turut serta untuk mengenalkan dan menarik minat generasi muda di bidang pertanian dilakukan juga lomba fotografi di lokasi pertanian yang berada di wilayah Desa Kalensari yang menyediakan hadiah senilai jutaan rupiah.

Lomba fotograpi diselenggarakan dengan tema “Tandur Bareng 90 Varietas Padi” yang diikuti oleh ratusan peserta yang karya-karyanya telah diunggah diberbagai media sosial. Dari ratusan karya tersebut dipilih 250 karya yang diseleksi lanjut dan kemudian ditetapkan juara untuk berbagai kategori.

Pada acara Festival Padi 2019 turut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Indramayu Ahmad Bahtiar, Ketua Umum AB2TI Prof. Dwi Andreas Santosa, H. Masroni korwil AB2TI Jabar (Kuwu Desa Kalensari), perwakilan MURI, Rektor serta Mahasiswa Pertanian Univ. Winaya Mukti, Camat Widasari, Kapolsek Widasari, Koramil Widasari, beserta tamu undangan lainnya. (Bis)

Komentar

News Feed