oleh

Mahasiswa KKM STIE STMY Majalengka Beri Pelatihan Kepada Masyarakat

-News-206 views

Min.co.id, Majalengka – Puluhan ibu-ibu anggota PKK Desa Pinangraja Kecamatan Jatiwangi nampak antusias mengikuti kegiatan kursus atau pelatihan singkat tentang pembuatan hantaran pengantin. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh kelompok Kuliah Kerja Mahasiswa STIE STMY Majalengka tahun 2019 yang sedang melaksanakan kegiatan lapangan, di Desa Pinangraja Kecamatan Jatiwangi

Koordinator Kelompok KKM STIE STMY Desa Pinangraja Kecamatan Jatiwangi Adam Suhara menyampaikan, kita sering melihat dalam berbagai acara pernikahan ada suatu adat dimana pengantin pria membawa sebuah hantaran yang berisi kebutuhan calon mempelai wanita, dimana hantaran tersebut dikemas dalam berbagai bentuk, ada bentuk hewan , mobil, pohon dll. Tapi rata-rata tidak semua ibu-ibu bisa membuat hantaran seperti itu, mungkin itu bisa dikerjakan sambil mengisi waktu luang.

“Berangkat dari hal tersebut kami mencoba memfasilitasi dan terus berkoordinasi dengan ketua TP PKK Desa Pinangraja, dan alhamdulillah mendapat respon yang baik,” kata dirinya. Kamis (28/03/2019).

Salah seorang peserta ibu umi mengatakan, dirinya baru pertama megikuti kegiatan ini.

“Ternyata membuat hantaran itu tidak sulit hanya perlu ketekunan dan ketelitian serta kreativitas, tapi kadang kala kita malas untuk memulai katanya,” ujar dia.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Pinang Raja Lilis Acep menyampaikan dirinya merasa bersyukur anggota PKK telah difasilitasi untuk di beri keterampilan membuat hantaran pengantin, untuk mengisi waktu luang.

“Ilmunya ini sangat berharga , siapa tahu kedepannya bisa dijadikan usaha sampingan kemampuan keterampilan ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa dari STIE STMY yang telah memfasilitasi kegiatan ini,” kata dirinya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing KKM STIE STMY Ihin Solihin, mengatakan kegiatan KKM ini berlangsung selama satu bulan dimulai tanggal 6 Maret sampai 7 April 2019, sebagai salah satu keharusan bagi mahasiswa bagaimana mahasiswa belajar berpikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupan bermasyarakat secara nyata, memahami permasalahan yang ada di masyarakat serta belajar memberi solusi.

“Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa STIE STMY Majalengka di Desa Pinangraja ini,” kata Ihin.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Desa Pinangraja tersebut nampak meriah dalam suasana yang santai, namun terlihat peserta nampak serius dan aktif memperhatikan setiap teknik dan cara merias hantaran yang disampaikan oleh tutor atau instruktur tersebut, apalagi kegiatan ini sifatnya langsung praktek. (Ndra)

Komentar

News Feed