oleh

Nuansa Islami di Kampung Ramadhan Solo

-Tak Berkategori-455 views

kampung ramadhan picturemin.co.id/Solo – Kampung Ramadhan menjadi kegiatan tersendiri bagi warga sekitar Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Pasalnya, Kampung Ramadhan merupakan salah satu kegiatan positif bernuansa islami untuk mengisi hari-hari selama bulan Ramadhan.

Agar terlaksananya Kampung Ramadhan, pihak DKM bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta sebagai penyelenggara Kampung Ramadhan. Sekretaris DKM Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Abdul Basit Rahmat mengatakan bahwa ada dua kelurahan yang ditunjuk menjadi Kampung Ramadhan diantaranya Kelurahan Laweyan dan Kauman.

Ada beberapa kegiatan di Kampung Ramadhan seperti pelatihan guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang akan dimulai pada hari Minggu 28 Mei 2017. Selain itu, ada juga kegiatan penulisan batik Quran yang diselenggarakan setiap selesai shalat jum’at selama Ramadhan. Dan juga beberapa kegiatan keislaman lainnya seperti diskusi dan juga seminar.

Keunikan tersendiri di Kampung Ramadhan yakni setiap kampung dihiasi dengan lampion-lampion kaligrafi sehingga nuansa Ramadhan semakin kental. Selain itu, di Masjid Agung Keraton Kasunanan┬áSurakarta juga diadakan kegiatan diantaranya kuliah subuh, tadarus Al-Qur’an, buka puasa dan sahur bersama.(rnh)

Komentar