oleh

Lantamal V Banyuwangi Sosialisasikan Keselamatan Para Nelayan

-News-122 views
Min.co.id-Banyuwangi-Masih ditemuinya kasus kecelakaan laut dan kurangnya edukasi tentang kesemalatan pelayaran, membuat Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada ll mengambil inisiatif untuk memberikan sosialisasi sekaligus pembinaan terkait keselamatan pelayaran. Sosialisasi itu ditujukan kepada nelayan di kawasan Muncar, Banyuwangi, Selasa (26/3).
Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol laut (P) Yulius Azz Zaenal, menuturkan bahwa sejumlah kelompok nelayan Kabupaten Banyuwangi yang setiap harinya pergi melalut sering menghadapi kendala soal keselamatan diri mereka dikala mencari ikan di laut lepas. Apalagi seperti bulan Maret hingga April dimana curah hujan cukup tinggi dan cuaca sering tidak bersahabat.
Atas dasar itulah lanjut Danlanal, masyarakat nelayan di Kecamatan Muncar yang tergabung dalam beberapa kelompok nelayan dikumpulkan untuk menerima pembinaan dan penyuluhan terkait keselamatan pelayaran dari Anggota Posal Muncar, Lanal Banyuwangi. Ia menegaskan bahwa pihaknya selalu berkomunikasi dan memberikan pembinaan kepada para kelompok nelayan kapal ikan tradisional maupun kapal angkutan tradisional di wilayahnya.
“Materi yang diberikan adalah, bagaimana cara berlayar yang benar, baik kelengkapan kapal, kelengkapan surat-surat ijin maupun kesiapan navigasi dan peralatan keselamatan kapal berlayar yang harus dipenuhi kelompok nelayan Banyuwangi,” ujar Yulius.
Ia juga menambahkan, bahwa pembinaan dan penyuluhan ini sebagai tindakan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan saat melaut. Dalam komunikasi sosial kepada para nelayan itu, lanjutnya, juga ditekankan apabila akan melaut dan mengangkut penumpang hendaknya mengutamakan keselamatan dengan melengkapi alat pelampung sebagai sarana kapal motor serta tidak membawa muatan yang melebihi kapasitas daya angkut kapal. (afr/s)

Komentar

News Feed