Kuliner Khas Bulan Ramadhan Yang Selalu Ngangenin

Bulan Ramadhan yang hadir satu tahun sekali memang selalu jadi momen yang dirindukan. Termasuk menu-menu kuliner khas bulan Ramadhan yang selalu membuat kamu merasa kangen!

1. Kurma
Buah yang berasal dari timur tengah ini, selalu hadir di Bulan Ramadhan. Meskipun di hari biasanya Kurma juga bisa kita dapat di toko oleh-oleh khas Arab, tapi di Bulan Ramadhan kita bisa dengan mudahnya menemui buah manis yang satu ini di took-toko waralaba terdekat maupun di setiap acara buka bersama  Karena, memakan buah kurma saat berbuka puasa merupakan sunah Nabi Muhammad SAW bagi umat muslim.

 

 

 

2. Kolak
Menu dessert manis yang terbuat dari pisang dan ubi jalar yang direbus dengan kuah santan satu ini memang yang paling khas selama ramadhan. Bahkan ada celotehan berkata Tak Kolak maka Tak Ramadhan 😛 karena hampir setiap kali ramadhan hampir pasti setidaknya satu kali dalam sebulan ada menu kolak di meja makanmu saat berbuka puasa. Coba saja!

 

 


3. Es Timun Suri, Es Blewah dan Es Cincau
Entah mengapa ketiga es segar di atas selalu mengalami puncak kejayaannya di bulan Ramadhan, hehe. Yap, apalagi Timun Suri dan Blewah.

Dua buah itu rasanya sangat jarang kita temui selain di bulan Ramadhan. Dan sebaliknya setiap kali Bulan Ramadhan, kita bisa menemui penjual buah dadakan di sepanjang jalan yang menjajakan dua buah khas Ramadhan tersebut.

Entah hanya dicampir sirup dan susu kental manis, atau ditambah potongan agar-agar dan buah lainnya, baik buah timun suri, blewah dan cincau memang begitu segar dan nikmat disantap untuk berbuka puasa

 


4. Kicak
Penganan manis asal Yogyakarta ini, memang menjadi salah satu makanan yang paling ngangenin untuk masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Makanan yang terbuat dari ketan putih tanak yang dihaluskan seperti gemblong ini biasanya dicampur dengan parutan kelapa dan potongan buah nangka sebagai pelengkapnya.

Hmm.. kebayang ya manis dan harumnya buah nangka dipadu dengan kurihnya parutan kelapa dan ketan tanak yang nikmat, apalagi disajikan dengan daun pisang.. hmm..

 

5. Bangka Kopyor
Satu lagi penganan khas Ramadhan yang berbahan baku buah Nangka, yakni Bangka Kopyor. Penganan manis asal Gresik ini merupakan kepanjangan dari bubur nangka dan kelapa kopyor.

Menu yang hanya ada saat bulan Ramadhan ini terbuat dari tepung terigu, buah kelapa kopyor, pisang, nangka, santan serta roti tawar. Menu ini biasanya dijumpai di daerah sekitar pesisir pantai. Hmm.. boleh juga nih kita wisata kuliner ke pesisir pantai Gresik saat Ramadhan!

 


6. Pakat
Menu unik khas Tapanuli ini mungkin akan membuat kedua alis kamu berkerut saat pertama kali mendengarnya. Hehe hal itu karena Pakat ini terbuat dari rotan muda yang dibakar! Rotan berusia muda ini dibakar di atas tungku selama satu jam, lalu dikupas dan diambil bagian dalamnya yang berwarna putih.

Nah setelah dipotong-potong, daging rotan ini siap disantap dengan kuah santan agar lebih nikmat! Wah.. penasaran ya? Yuk, wisata kuliner ke Medan selama Ramadhan nanti

7. Sate Susu
Sudah pernah mencicipi Menu asal Pulau Bali ini? Yap, Nikmatnya sate yang dibuat dari dari kulit kantung susu sapi ini bisa kamu rasakan jika kamu berjalan-jalan di Pulau Bali saat bulan Ramadhan.

Karena terbuat dari kantung susu sapi, memakan sate ini dipercaya dapat membuat stamina kita bertambah lho. Makanya, menu ini sangat cocok disantap saat berbuka puasa. Cobain, yuk!(abbeytravel)

 

 

Komentar

News Feed