oleh

Dinas Kominfo Majalengka Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Melalui Seni Pertunjukan Longser Virtual

Min.co.id, Majalengka – Dinas Komunikasi dan Informasi kabupaten Majalengka menggelar acara longser dua jagat dengan menampilkan kelompok seni tradisional Majalengka diantaranya ada Wayang Golek, seni tari dan pencak ujungan yang digelar secara virtual dan dapat disaksikan di Channel YouTube pada Minggu malam di Gedung Graha Sindangkasih (22/11/2020).

Kaliborasi tampilan longser secara langsung dengan menampilkan seni pertunjukan longser yang dikemas bareng antara Dinas Kominfo yang didukung oleh sanggar sekarlaras, wayang golek locita dan Padepokan Pencak Ujungan Bunilaya Kuda Putih dengan melibatkan para pejabat terkait dalam acara tersebut.

Acara Diseminasikan Informasi Penanganan Covid-19 RI didukung langsung Kementrian Kominfo RI serta Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) bersama Diskominfo Kabupaten Majalengka dengan Gelar Pertunjukan Seni Tradisional Secara Virtual.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Perwakilan Kementerian Kominfo RI dan KPC-PEN, Staf Ahli Bupati, Ibu Wakil Bupati, Kadis Kominfo Kab. Majalengka beserta Jajarannya, Kabid Kebudayaan Dinas Parbud, Kadis Perdagin, Kadinsos, Kadis K2UKM, Camat Majalengka, Tokoh Pelaku Seni dan Budayawan Majalengka. Selain para tamu undangan yang hadir dalam pembukaan tersebut, pertunjukan seni ditayangkan secara Virtual live di kanal resmi YouTube Diskominfo Kabupaten Majalengka

Dalam sambutannya Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D. Mardiana menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan pertunjukan virtual seni tradisional yang di gagas oleh Kemenkominfo beserta KPC-PEN dengan tema nasional kegiatan yakni “Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit, yang kita jabarkan menjadi Majalengka Bangkit Majalengka Jauh tina Panyakit, Majalengka Raharja”.

Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D. Mardiana (kanan) dan Kepala Dinas Kominfo Mahalengka H. Gatot Sulaeman A.P., M.Si (ketiga dari kiri).

Lebih lanjut Wabup menyampaikan, ditengah-tengah kemajuan teknologi informasi, seni tradisional sebagai warisan budaya tetap memiliki nilai dan peranan penting bahkan tidak bisa tergantikan, apalagi Majalengka telah dinobatkan sebagai Kabupaten Kreatif bidang Seni Pertunjukan tingkat Nasional. Menyikapi situasi ditengah pandemi seperti sekarang ini banyak kegiatan dan aktivitas yang tidak bisa dilaksanakan seperti pada keadaan normal, oleh karena itu kegiatan Daring atau Virtual menggunakan koneksi internet telah menjadi budaya atau kebiasaan baru disektor pemerintahan bahkan sekarang seni pertunjukan dilaksanakan melalui daring seperti yang kita laksanakan saat ini hal tersebut tentunya dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Corona dengan meminimalisir kontak dan juga kerumunan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini mampu menginspirasi para seniman Majalengka untuk tetap kreatif dan produktif serta segera bangkit dari situasi keadaan sulit seperti sekarang ini,” ucap Wabup.

Sementara itu adapun dalam keterangannya Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka, H. Gatot Sulaeman A.P., M.Si., menyampaikan bahwa dalam situasi pandemi ini kita harus senantiasa menerapkan pola hidup 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak hal tersebut bertujuan untuk membentengi diri dari Covid-19, selain itu kita pun dituntut untuk menjaga imunitas diri agar tetap kuat, apabila imun kita baik maka badan akan sehat dan kebal terhadap berbagai macam penyakit, imun baik itu bisa didapatkan dari menjaga pola makan dengan memakan makanan bergizi dan juga cukup tidur serta selalu berolahraga dengan teratur.

“Apabila Protokol Kesehatan dilakukan dengan baik maka kita senantiasa akan aman, sayapun berharap agar kita bisa secepatnya keluar dari situasi wabah ini untuk bisa sehat kembali, jika Kesehatan pulih maka ekonomi akan bangkit,” pungkas Kadiskominfo. (topik)

Komentar

News Feed