oleh

Antisipasi Covid-19, Toto Sucartono Membuat Surat Permohonan Untuk Pengunduran Waktu Verifikasi Faktual

-Politik-176 views

Min.co.id-Indramayu-Calon perseorangan Toto Sucartono (KANG TOTO) sangat mengkhawatirkan keselamatan dari relawan, masyarakat dan petugas yang akan melaksanakan Verifikasi Faktual tanggal 26 Maret – 24 April 2020 sessuai tahapan pilkada serentak 2020.

Keselamatan relawan, masyarakat dan petugas pelaksana Verifikasi Faktual menurut Kang Toto sangat penting mengingat pelaksanaan verifikasi Faktual dilakukan pada saat pandemi Covid 19 atau yang lebih dikenal dengan virus Corona. Sesuai PKPU 18 tahun 2019 Pasal 23 (1) PPS melakukan verifikasi faktual dengan cara mendatangi setiap tempat tinggal pendukung yang telah dinyatakan memenuhi syarat administratif untuk mencocokkan kebenaran nama, alamat pendukung, dan dukungannya kepada Bakal
Pasangan Calon dengan dokumen identitas kependudukan asli.

Hal ini menurut Kang Toto berpotensi menyebarkan virus Covid 19 yang tentunya akan sangat membahayakan keselamatan relawan, masyarakat maupun petugas PPS dan PPK itu sendiri.

“Masyarakat wajib dilindungi dari penyebaran virus Corona sehingga saya membuat surat permohonan pengunduran waktu verifikasi faktual sampai kondisinya memungkinkan, lebih penting keselamatan masyarakat dibandingkan harus mengacu pada tahapan pilkada serentak 2020” kata Kang Toto, Sabtu (21/3/2020) lalu.

Lanjutnya jika memang tahapan pilkada tidak bisa dimundurkan mengingat sudah terjadwal sebelumnya, Kang Toto memberikan beberapa saran agar pelaksanaan verifikasi faktual berjalan sesuai jadwal dan keselamatan masyarakat juga terjaga, yaitu :

1. Mekanisme teknis dibuat standar baku aturan saat verifikasi faktual diantaranya jarak aman antara petugas dan pendukung dilarang ada kontak fisik.

2. Petugas yang melakukan verifikasi faktual dibekali alat pengaman dan digunakan seperti : masker, kaos tangan, hand sanitizer dan tas untuk bawa dokumen.

3. Menghindari dan melarang pertemuan diruang tertutup lebih dari 10 orang.

4. Kondisi kesehatan petugas dipastikan dalam keadaan sehat dan check suhu tubuh.

5. Aturan yang dibuat dipublikasikan pada masyarakat melalui media cetak nasional dan medsos.

Terkait hal itu juga, dua minggu sebelumnya Kang Toto menutup sekretariat Indramayu SEHAT dari segala kegiatan kumpul bersama, untuk segala informasi dan koordinasi dilakukan melalui WA Group. kang Toto berharap KPU memberipkan keputusan yang bijak terkait masalah ini agar pilkada berjalan dengan baik dan damai, katanya sambil menutup pembicaraan. (Red/rls)

Komentar

News Feed