oleh

Baznas Berikan Pelatihan Manajemen Pedagang Kopi Sepeda

-BIsnis-41 views

Min.co.id-Jakarta-Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS memberi edukasi kepada kelompok pedagang kopi sepeda Kwitang mengenai pencatatan keuangan sederhana, seperti pencatatan omzet dan keuntungan berdagang pada pertemuan kelompok rutin di Jalan Kwitang, Senen, Jakarta Pusat. Kegiatan itu tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dalam kegiatan ini, pendamping berpesan agar selalu mencatat keuangannya. Kemudian diedukasi terkait manajemen keuangan yang baik agar keuntungan yang didapat bisa disimpan dan diinvestasikan.

Nawawi (30), salah satu pedagang kopi yang terlibat dalam kegiatan ini menuturkan, dengan pendampingan BAZNAS, ia lebih teredukasi khususnya pada pencatatan keuangan agar lebih rapi, dan bisa melihat bagaimana penghasilan usahanya per bulan.

“Selama ini saya berdagang, tak pernah mencatat berapa penghasilan yang saya dapat. Sehingga uang yang saya dapat bisa langsung habis aja tiap harinya buat makan. Setelah diberikan pemahaman ini, saya jadi lebih hati-hati dalam pengeluaran dan lebih disiplin dalam menabung setiap harinya. Selain itu saya sekarang bisa tahu, hari dan jam berapa dagangan saya bisa ramai pembeli, jadi saya bisa lebih siap dan mengevaluasi hari-hari yang sepi bisa mencari tempat keliling baru,” ujar Nawawi
Pendamping Mustahik Pengusaha BAZNAS, Kevin Arthur menguatkan literasi keuangan berupa pencatan keuangan sederhana dan manajemen keuangan penting dipahami oleh pelaku usaha.

“Sejauh ini para pelaku UMKM binaan BAZNAS memang semangat usahanya tidak perlu diragukan, hanya saja ketidakpahaman mengenai literasi keuangan, membuat usaha mereka terlihat tidak ada perkembangan yang signifikan. Maka dengan adanya pendampingan dan pelatihan ini, peaku usaha binaan BAZNAS dapat lebih mengetahui bagaimana manajemen keuangan yang baik, agar keuntungan yang didapat tidak selalu habis untuk kebutuhan sehari-hari.” papar Kevin.

Kelompok Kopi Sepeda “Kwitang” merupakan salah satu kelompok binaan BAZNAS dan telah mendapatkan bantuan alat investasi sepeda serta bantuan modal usaha. Mustahik kopi sepeda BAZNAS juga akan terus didampingi usahanya baik dalam segi pengembangan usaha maupun dari segi penguatan SDM melalui penyampaian materi-materi yang terdapat silabus program. (Red)

Komentar

News Feed